Desain Modul Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Berbasis Teori Multiple Intelligences Howard Gardner Pada Materi Statistika

Sari, Cici Meiliana and Sufri, Sufri and Pasaribu, Feri Tiona (2021) Desain Modul Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Berbasis Teori Multiple Intelligences Howard Gardner Pada Materi Statistika. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI CICI MEILIANA SARII-dikompresi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (142kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN, PENGESAHAN.pdf

Download (384kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (511kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (197kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (309kB)

Abstract

Pada dasarnya peserta didik dituntut untuk mengmbangkan kecerdasan yang dimiliki masing-masing untuk dapat memahami materi yang diajarkan. Dengan demikian diperlukan sebuah bahan ajar yang dapat menunjang peserta didik dalam mengembangkan kecerdasan yang sudah dimiliki untuk memahami materi secara mandiri. Tujuan penelitian ini adalah mendesain modul menggunakan pendekatan RME berbasis teori multiple intelligences pada materi statistika dan mendeskripsikan kualitasnya. Model yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari : 1) Analyze, 2) Design, 3) Develop, 4) Implement, 5) Evaluate. Hasil dari penelitian ini adalah produk berupa modul mengunakan menggunakan pendekatan RME berbasis teori multiple intelligences pada materi statistika. Berdasarkan hasil angket validasi oleh ahli materi dan ahli desain diperoleh persentase kevalidan modul dari ahli materi 88,3% dan dari ahli desain 88% denan kategori sangat valid. Presentase kepraktisan oleh pendidik dan peserta didik sebesar 87,8% dan 85% dengan kategori sangat praktis. Sedangkan presentasse keefektivan modul dari hasil angket respon siswa dan tes hasil belajar sebesar 85% dan 87,5% dengan katerogi sangat efektif. Sehingga dapat dikatakan bahwa modul matematika yang dihasilkan pada penelitian kali ini layak untuk digunakan.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: SARI
Date Deposited: 10 Dec 2021 07:16
Last Modified: 10 Dec 2021 07:16
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/28489

Actions (login required)

View Item View Item