Hakim, M. Arif Rahman (2021) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS DISCOVERY UNTUK MEREDUKSI MISKONSEPSI PADA MATERI KINEMATIKA GERAK LURUS. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.doc Download (143kB) |
![]() |
Text
BAB I.doc Download (51kB) |
![]() |
Image
Halaman Pengesahan.jpeg Download (102kB) |
![]() |
Image
Halaman Persetujuan.jpeg Download (94kB) |
![]() |
Text
BAB II.doc Download (3MB) |
![]() |
Text
BAB III.doc Download (431kB) |
![]() |
Text
BAB V.doc Download (33kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.doc Download (44kB) |
Abstract
Miskonsepsi merupakan permasalahan yang sering terjadi dalam pembelajaran Fisika. Miskonsepsi didefinisikan sebagai konsep yang tidak sesuai dengan pengertian ilmiah atau pengertian yang diterima para pakar dalam bidang tertentu. Salah satu pokok bahasan dalam pembelajaran Fisika yang sering terjadi miskonsepsi di dalamnya adalah konsep tantang kinematika gerak lurus. Miskonsepsi pada konsep kinematika gerak lurus terjadi di berbagai sub materi. Hal ini selaras dengan hasil identifikasi miskonsepsi yang dilakukan pada kegiatan studi awal. Miskonsepsi dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik sehingga perlu dilakukan upaya untuk mereduksi miskonsepsi. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mereduksi miskonsepsi adalah penggunaan video pembelajaran dan penerapan model discovery. Berdasarkan masalah dan analisis kebutuhan maka dikembangkan video pembelajaran berbasis discovery untuk mereduksi miskonsepsi pada kosep kinematika gerak lurus. Penelitian pengembangan yang dilaksanakan bertujuan untuk menghasilkan dan melihat kelayakan produk berupa video pembelajaran berbasis discovery untuk mereduksi miskonsepsi pada materi kinematika gerak lurus. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian pengembangan (research and development) dengan model pengembangan 4D. Prosedur yang dilakukan dalam penelitian meliputi tahap define (pendefenisian), design (perencanaan) dan develop (pengembangan). Kelayakan video pembelajaran ditinjau berdasarkan lembar validasi ahli materi dan ahli media. Hasil dari penelitian dan pengembangan adalah produk berupa video pembelajaran berbasis discovery untuk mereduksi miskonsepsi pada konsep kinematika gerak lurus. Rata-rata persentase kelayakan video berdasarkan aspek media adalah 87,04% sementara rata-rata persentase kelayakan berdasarkan aspek materi adalah 85,71%. Hasil uji coba skala kecil menunjukkan penurunan persentase miskonsepsi sebesar 3,11% dengan persentase nilai gain sebesar 3,04%. Berdasarkan hasil validasi ahli materi dan ahli media, produk video pembelajaran berbasis discovery untuk mereduksi miskonsepsi pada konsep kinematika gerak lurus dikategorikan sangat layak.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video pembelajaran, Discovery, Miskonsepsi, Kinematika Gerak Lurus,Four-Tier Diagnostic Test |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | HAKIM |
Date Deposited: | 13 Dec 2021 07:50 |
Last Modified: | 13 Dec 2021 07:50 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/28492 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |