Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat Pengguna Website Pemerintah Kota Jambi

Putri, Risky Amalia and Karim, Navarin and Elsi, Sutri Destemi (2021) Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat Pengguna Website Pemerintah Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Risky Amalia Putri_H1A117094_Cover.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (779kB)
[img] Text
Risky Amalia Putri_H1A117094_Lembar Persetujuan.pdf

Download (29kB)
[img] Text
Risky Amalia Putri_H1A117094_Lembar Pengesahan.pdf

Download (378kB)
[img] Text
Risky Amalia Putri_H1A117094_Abstrak.pdf

Download (837kB)
[img] Text
Risky Amalia Putri_H1A117094_Daftar Isi, Istilah, Table, Gambar, Lampiran.pdf

Download (842kB)
[img] Text
Risky Amalia Putri_H1A117094_Bab I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Risky Amalia Putri_H1A117094_Bab II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Risky Amalia Putri_H1A117094_Bab III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Risky Amalia Putri_H1A117094_Bab IV.pdf

Download (836kB)
[img] Text
Risky Amalia Putri_H1A117094_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Risky Amalia Putri_H1A117094_Lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi di era digital seperti saat ini mengalami peningkatan yang pesat. Penggunaan media digital menyebar ke berbagai bidang salah satunya adalah pemerintahan. Pemerintah sebagai garda terdepan dalam pemberian pelayanan kepada masyarakat dituntut untuk bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. Salah satu media yang digunakan oleh banyak pemerintah pusat maupun daerah adalah website. Pemerintah Kota Jambi saat ini sudah menggunakan website untuk memudahkan pemberian pelayanan dan penyebaran informasi kepada masyarakat. Adapun informasi yang dimuat adalah profil Kota Jambi, profil kepala daerah, berita seputar Kota Jambi, dokumen daerah, serta fitur pelayanan publik. Permasalahannya adalah masih kurangnya kesadaran stakeholder terkait seperti dinas, kecamatan, kelurahan dan lainnya yang berhubungan dengan website untuk memberikan informasi maupun data penting kepada masyarakat secara berkala. Selain itu masyarakat mengeluhkan sulit untuk mencari dokumen maupun data terbaru yang mereka butuhkan dan masih terdapat fitur berisi halaman kosong. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara simultan (uji f) dan parsial (uji t) variabel kualitas penggunaan (X1), kualitas informasi (X2), dan kualitas interaksi layanan (X3) terhadap kepuasan masyarakat serta upaya apa yang dilakukan oleh pengelola website agar bisa meningkatkan kualitas layanan website. Metode penelitian menggunakan kuantitatif regresi linear berganda dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Sampel pada penelitian ini sebanyak 100 responden yang dipilih berdasarkan rumus slovin dan teknik accidental sampling. Narasumber pada penelitian ini sebanyak 1 orang yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara simultan (uji f) ketiga variabel terhadap kepuasan masyarakat. Secara parsial (uji t), variabel kualitas informasi (X2) dan kualitas interaksi layanan (X3) berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat, sedangkan variabel kualitas penggunaan (X1) tidak mempunyai pengaruh terhadap kepuasan masyarakat. Adapun upaya pengelola untuk meningkatkan kualitas layanan website adalah dengan melakukan pemeliharaan secara berkala pada website, pembaruan informasi dan dokumen, serta menerima masukan dari berbagai pihak. Kata Kunci: Kualitas Website, Kualitas Penggunaan, Kualitas Informasi, Kualitas Interaksi Layanan, Kepuasan Masyarakat

Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: PUTRI
Date Deposited: 13 Dec 2021 06:30
Last Modified: 13 Dec 2021 06:30
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/28509

Actions (login required)

View Item View Item