Analisis Daya Saing dan Dampak Black Campaign Crude Palm Oil (CPO) Indonesia di Enam Negara Importir Utama

Erizona, Chitra (2021) Analisis Daya Saing dan Dampak Black Campaign Crude Palm Oil (CPO) Indonesia di Enam Negara Importir Utama. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (18kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan Tesis.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (119kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (95kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (166kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16095

Abstract

CPO merupakan minyak nabati utama dunia yang memiliki tingkat konsumsi tertinggi dibandingkan minyak nabati utama lainnya. Indonesia sebagai negara eksportir terbesar CPO di dunia memberikan kontribusi besar dalam pemenuhan kebutuhan minyak nabati dunia. Namun, peluang yang besar dalam meningkatkan ekspor CPO menyebabkan Indonesia mendapat tekanan dari Uni Eropa yaitu berupa black campaign minyak nabati di pasar global. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perkembangan ekspor CPO Indonesia, menganalisis daya saing CPO Indonesia dan negara yang optimis dan potensial bagi pengembangan ekspor CPO Indonesia, serta menganalisis dampak black campaign CPO dan faktor – faktor lainnya terhadap volume permintaan ekspor CPO Indonesia di enam negara importir utama. Penelitian ini menggunakan data time series tahun 1991 - 2020. Metode yang digunakan adalah RCA, EPD, X- Model dan model regresi linier berganda yang diestimasi dengan metode Ordinary Least Squares (OLS). Hasil penelitian selama periode 1991 – 2020 menunjukkan rata – rata perkembangan ekspor CPO Indonesia berfluktuasi cenderung meningkat di India, Singapura, Spanyol, Malaysia, serta Italia, dan berfluktuasi cenderung menurun di Belanda. CPO Indonesia memiliki daya saing yang kuat di enam negara importir utama. Potensi pengembangan pasar optimis di Negara India, Spanyol, Malaysia, Italia dan potensi pengembangan pasar yang potensial di Negara Singapura. Black campaign CPO dan faktor-faktor lainnya (harga impor CPO Indonesia, harga produk substitusi dan GDP per capita) memiliki pengaruh yang berbeda - beda terhadap volume permintaan ekspor CPO Indonesia di enam negara importir utama. Kata kunci: ekspor, daya saing, permintaan, black campaign, harga impor, harga substitusi, GDP per capita, CPO.

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Agribisnis
Depositing User: ERIZONA
Date Deposited: 26 Apr 2022 03:54
Last Modified: 26 Apr 2022 03:54
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/28527

Actions (login required)

View Item View Item