ZUHAIRAH, ZUHAIRAH PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA BUKU POP UP BIOLOGI PADA MATERI SPERMATOPHYTA UNTUK SISWA SMA/MA KELAS X. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA BUKU POP UP BIOLOGI PADA MATERI SPERMATOPHYTA UNTUK SISWA SMA/MA KELAS X. (Submitted)
![]() |
Text
ARTIKEL ILMIAH.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Zuhairah. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buku pop up Biologi pada materi Spermatophyta untuk Siswa SMA/MA Kelas X: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Dr. Upik Yelianti, M. S (2) Dr. Evita Anggereini, M. Si Kata Kunci: media pembelajaran, buku pop up, Spermatophyta. Berdasarkan hasil wawancara dengan salah satu guru biologi kelas X IPA SMAN 10 Kota Jambi bahwa dalam proses pembelajaran, sumber belajar yang paling sering digunakan yaitu buku paket sebagai media pembelajaran. Jika menggunakan buku paket secara terus menerus membuat siswa cenderung bosan dan menjadi malas untuk belajar. Hal inilah yang menjadi salah satu permasalahan dalam pembelajaran yang dapat menghambat tercapainya suatu tujuan pembelajaran. Dalam hal ini kehadiran sumber belajar yang tepat sangat dibutuhkan demi mengoptimalkan proses dan hasil belajar. Untuk itu media pembelajaran yang tepat salah satunya berupa media buku pop up. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran biologi berupa buku pop up dan mengetahui kelayakan serta mengetahui tanggapan guru dan siswa terhadap media Buku pop up. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) yang menggunakan model pengembangan ADDIE (analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi). Produk akhir yang dihasilkan adalah media pembelajaran berupa buku pop up biologi materi Spermatophyta. Hasil validasi oleh ahli media diperoleh 51 atau 79,7% dengan kategori “Layak”, dan hasil validasi oleh ahli materi diperoleh skor akhir 60 atau 75% dengan kategori “Layak”. Hasil tanggapan guru diperoleh skor sebesar 39 atau 97,5% dengan kategori “Sangat Setuju”. Sedangkan hasil ujicoba satu lawan satu diperoleh skor sebesar 70 atau 87,5% yang tergolong ke dalam kategori “Sangat Setuju”. Hasil ujicoba kelompok kecil diperoleh skor 427 atau 88,9% yang tergolong ke dalam kategori “Sangat Setuju”. Hasil ujicoba kelompok besar diperoleh skor sebesar 539 atau 89,8% yang tergolong ke dalam kategori “Sangat Setuju”. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media Buku pop up Spermatophyta dinyatakan dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas dan dapat membantu memahami konsep dasar dengan benar, dapat memudahkan dalam mengenali tumbuhan berbiji, dapat meningkatkan partisipasi belajar, serta dapat dijadikan pedoman belajar mandiri. Media Buku pop up yang dikembangkan dapat dijadikan masukan dan acuan dalam penelitian pengembangan selanjutnya yang relevan dan dapat dikembangkan lebih lanjut dengan materi yang lain.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Depositing User: | ZUHAIRAH |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 01:59 |
Last Modified: | 25 Jan 2018 01:59 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2855 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |