STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK KASAR ANAK DI TK KECAMATAN TELANAIPURA KOTA JAMBI

ANITA, PUTRI STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK KASAR ANAK DI TK KECAMATAN TELANAIPURA KOTA JAMBI. STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK KASAR ANAK DI TK KECAMATAN TELANAIPURA KOTA JAMBI. (Submitted)

[img] Text
ARTIKEL_NITA.pdf

Download (323kB)

Abstract

Abstrak Perkembangan motorik khususnya motorik kasar dianggap penting guna mempersiapkan anak yang dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya, membuat fisik anak menjadi terlatih, dan meningkatkan kepercayaan diri pada anak. Oleh karena itu, perlu adanya strategi pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan tingkat perkembangan anak. Strategi merupakan segala usaha yang dilakukan oleh guru dalam proses pembelajaran disekolah demi mencapai tujuan tertentu. Sedangkan perkembangan motorik kasar adalah perkembangan gerakan anak yang meliputi penggunaan otot-otot besar dan sebagian atau seluruh anggota tubuh dalam melakukan gerakan. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam mengembangkan motorik kasar anak di TK Kecamatan Telanaipura Kota Jambi. Secara khusus bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan strategi guru dalam mengembangkan motorik kasar anak di TK Kecamatan Telanaipura Kota Jambi melalui aktivitas gerak, (2) Mendeskripsikan strategi guru dalam mengembangkan motorik kasar anak di TK Kecamatan Telanaipura Kota Jambi melalui prosedur pelaksanaan aktivitas gerak. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif dengan pendekatan Kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Teknik anaisis data menggunakan formula persentase. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diolah secara keseluruhan, dapat diketahui bahwa strategi guru dalam mengembangkan motorik kasar anak di TK Kecamatan Telanaipura Kota Jambi berada pada kualitas “Baik”, dengan hasil rata-rata bobot 72,49%. Dari hasil analisis data tersebut berdasarkan indikator, maka dapat diketahui bahwa strategi guru dalam mengembangkan motorik kasar anak yang berhubungan dengan aktivitas gerak berada pada kualitas “Baik” (70%), dan yang berhubungan dengan prosedur pelaksanaan aktivitas gerak berada pada kualitas “Baik” (74,6%). Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi masukan kepada pihak sekolah dan guru, hendaknya membuat pembelajaran disekolah menjadi lebih menyenangkan bagi anak dan kualitas strategi guru meningkat menjadi lebih baik lagi. Kata Kunci : Strategi Guru, Motorik Kasar

Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: PUTRI ANITA
Date Deposited: 25 Jan 2018 03:55
Last Modified: 25 Jan 2018 03:55
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2858

Actions (login required)

View Item View Item