Hutajulu, Yanti Sagita Oktavia (2021) KOMPETENSI DIGITAL MAHASISWA PENDIDIKAN SEJARAH ANGKATAN 2018 UNIVERSITAS JAMBI. S1 thesis, Pendidikan Sejarah.
![]() |
Text
skripsi full text.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
cover skripsi.pdf Download (158kB) |
![]() |
Text
halaman pengesahan 1.pdf Download (494kB) |
![]() |
Text
Bab I.pdf Download (276kB) |
![]() |
Text
Bab V.pdf Download (149kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (263kB) |
Abstract
ABSTRAK Hutajulu, Yanti Sagita. 2021. Kompetensi Literasi Digital Mahasiswa Pendidikan Sejarah Angkatan 2018 Universitas Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr. Kuswanto S.Pd.,M.Si. Pembimbing (II) Apdelmi S.Pd.,M.Pd Kata Kunci: Media digital, pencarian di internet, panduanan arah hypertext, evaluasi konten informasi, penyusunan pengetahuan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi litersi digital mahasiswa pendidikan sejarah 2018 universitas jambi yang ditinjau dari pencarian di internet (internet searching), panduanan arah hypertext (hypertext navigation), evaluasi konten informasi (content evaluation), penyusunan pengetahuan (knowledge assembly). Penelitian ini dilakukan terhadap mahasiswa pendidikan sejarah angkatan 2018, Data penelitian dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan angketi. Data dianalisis ini termasuk pendekatan dan jenis penelitian metode deskriptif kualitatif dengan mengacu pada pendapat Gilster. Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat literasi digital berdasarkan 4 aspek sebagai berikut: tingkat literasi digital remaja berdasarkan aspek internet searching sudah tergolong tinggi dikarenakan mahasiswa memanfaatkan internet dengan baik dalam mencari sumber berita dan pelajaran, sedangkan tingkat literasi digital remaja berdasarkan aspek hypertextual navigation kurang dikarenakan mahasiswa belum memahami dengan jelas mengenai cara kerja website serta istilah-istilah yang terdapat dalam website, tingkat literasi digital remaja berdasarkan aspek content evaluation mahasiswa dalam hal ini mengkaji ulang informasi yang diperoleh, serta tingkat literasi digital remaja berdasarkan aspek knowledge assembly melalui literasi digital ini seseorang dapat mengakses informasi secara efektif dan efisien, melakukan penilaian terhadap informasi secara kritis, serta menggunakan informasi tersebut secara lebih bermanfaat. Dari hasil penelitian ini disarankan kepada mahasiswa untuk lebih melakukan literasi digital untuk meningkatkan kompetensi digital, khususnya dalam hal panduanaan hypertext (hypertextual navigation).
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | HUTAJULU |
Date Deposited: | 17 Dec 2021 06:26 |
Last Modified: | 17 Dec 2021 06:26 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/28587 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |