REVITALISASI MANAJEMEN KELAS UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS VD SD ISLAM AL-FALAH JAMBI

PUSPA DEWI, TIARA REVITALISASI MANAJEMEN KELAS UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS VD SD ISLAM AL-FALAH JAMBI. REVITALISASI MANAJEMEN KELAS UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS VD SD ISLAM AL-FALAH JAMBI. (Submitted)

[img] Text
ARTIKEL _ILMIAH _A1D113052.pdf

Download (251kB)

Abstract

ABSTRAK Dewi, Tiara puspa. 2017. “Revitalisasi Manajemen Kelas Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas VD SD Islam Al-Falah Jambi”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. H. Syahrial, M.Ed, PhD dan (II) Panut Setiono, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Revitalisasi Manajemen Kelas, dan Keaktifan Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dengan revitalisasi manajemen kelas pada pembelajaran tematik. Revitalisasi Manajemen kelas merupakan suatu proses atau cara untuk menghidupkan kembali suatu kegiatan berupa manajemen kelas agar lebih optimal sehingga terciptanya Manajemen kelas yang baik dapat mengurangi kesempatan terjadinya gangguan, kebosanan, serta meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VD SD Islam Al-Falah Jambi yang berjumlah 23 orang, dimana 9 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki pada semester genap Tahun Ajaran 2016/2017 Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model penelitian yang dipakai pada penelitian ini adalah model Kemis dan Mc. Taggart yang dilakukan secara berdaur atau bersiklus untuk mencapai kriteria keberhasilan dalam penelitian. Dimana setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 16 Februari sampai dengan 10 Maret tahun ajaran 2016/2017. Dengan kegiatan revitalisasi manajemen kelas berupa (1) Memiliki kemampuan mengajar yang baik didepan kelas; (2) Menerapkan aturan yang berlaku secara konsisten dan adil (Behavioral expectations are clear); (3) Memberikan variasi dalam pembelajaran (Instruction Is Varied); (4) Melibatkan siswa dalam pembelajaran (Students are engaged); (5) Memberikan jeda di sela-sela kegiatan; (6) Mengaitkan pembelajaran dengan kehidupan nyata(learning is related to life) Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan keaktifan belajar siswa dengan menerapkan revitalisasi manajemen kelas dilihat dari indikator keaktifan belajar siswa diantaranya Antusias siswa dalam mengikuti pelajaran, Interaksi siswa dengan guru, Kerja sama kelompok, Keaktifan siswa, Partisipasi siswa dalam pembelajaran. Terjadi Peningkatan keaktifan belajar siswa pada setiap siklusnya yaitu, (1) rata-rata keaktifan belajar siklus I pertemuan pertama sebesar 50,9%; (2) rata-rata keaktifan belajar siklus I pertemuan kedua sebesar 70,6%; (3) rata-rata keaktifan belajar siklus II pertemuan pertama sebesar 72%; (4) rata-rata keaktifan belajar siklus II pertemuan kedua sebesar 85,2%. Dengan rata-rata keaktifan belajar pada siklus I yaitu 60,75% dan pada siklus II yaitu 78,6 % Sesuai dengan hasil penelitian yang diperoleh dan dianalisis maka membuktikan bahwa dengan revitalisasi manajemen kelas dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VD SD Islam Al-Falah Jambi yang diharapkan keaktifan belajar siswa lebih banyak dan berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan pembelajaran di kelas

Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: TIARA PUSPA DEWI
Date Deposited: 26 Jan 2018 01:01
Last Modified: 26 Jan 2018 01:01
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2862

Actions (login required)

View Item View Item