MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS VB SD NEGERI 34/I TERATAI

PUSPITA SARI, DEWI MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS VB SD NEGERI 34/I TERATAI. MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS VB SD NEGERI 34/I TERATAI. (Submitted)

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (118kB)
[img] Text
ARTIKEL DEWI.pdf

Download (263kB)

Abstract

ABSTRAK Sari, D.P. 2017 “Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas VB SD Negeri 34/I Teratai”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (1) Dr. Yantoro, M.Pd dan (2) Issaura Sherly Pamela, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: Kreativitas Belajar Siswa dan Model Pembelajaran Project Based Learning Penelitian ini berdasarkan latar belakang bahwa proses pembelajaran sangat memerlukan kreativitas siswa, agar tujuan pembelajaran tercapai. Kreativitas adalah proses kemampuan individu untuk memahami kesenjangan-kesenjangan atau hambatan-hambatan dalam hidupnya, merumuskan hipotesis-hipotesis baru, dan mengkomunikasikan hasil-hasilnya, serta sedapat mungkin memodifikasi dan menguji hipotesis-hipotesis yang telah dirumuskan. Berdasarkan observasi di kelas VB SD Negeri 34/I Teratai pada saat proses pembelajaran terdapat siswa yang kurang inisiatif, tidak mempunyai keberanian, dan sulit untuk mengemukakan ide serta pertanyaan, sehingga tidak terciptanya suasana yang membangunkan kreativitas belajar siswa. Disamping itu guru kurang memperhatikan kemampuan dan bakat yang dimiliki siswa sehingga siswa hanya menerima dan mengingat apa yang telah diajarkan oleh guru sehingga siswa cenderung pasif. Akibatnya, kreativitas siswa tidak tersalurkan dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa dalam mata pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran project based learning di kelas VB SD Negeri 34/I Teratai. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dimana setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang dilakukan 2 siklus. Dilakukan di kelas VB di SD Negeri 34/I Teratai 2017/2018. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran project based learning memiliki dampak positif dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa. Peningkatan kreativitas pada masing-masing indikator: untuk indikator 1 terjadi peningkatan 12 siswa dengan kategori sangat baik, indikator 2 terjadi peningkatan 6 siswa dengan kategori sangat baik, indikator 3 terjadi peningkatan 11 siswa dengan kategori sangat baik, indikator 4 terjadi peningkatan 3 siswa dengan kategori sangat baik, dan indikator 5 terjadi peningkatan 3 siswa dengan kategori sangat baik. Peningkatan persentase setiap siklus adalah: siklus I pertemuan pertama persentase yang didapat 59,4% meningkat di pertemuan kedua menjadi 66,25%, pada siklus II pertemuan pertama mengalami peningkatan persentase yaitu 72,92% dan pertemuan kedua meningkat menjadi 81,8%. Kesimpulan yang didapat dari hasil penelitian ini yaitu penggunaan model pembelajaran project based learning yang mana langkah-langkah (1) penentuan pertanyaan mendasar, (2) mendesain perencanaan proyek, (3) menyusun jadwal, (4) memonitor peserta didik dan kemajuan proyek, (5) menguji hasil dan presentasi atau publikasi hasil proyek, dan (6) mengevaluasi proses hasil proyek, dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas VB SD Negeri 34/I Teratai.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Dewi Puspita Sari
Date Deposited: 26 Jan 2018 01:01
Last Modified: 26 Jan 2018 01:01
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2872

Actions (login required)

View Item View Item