Analisis Nilai Karakter Siswa Yang Muncul Pada Siswa Berdasarkan Gaya Kognitifnya Dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Luar Kelas

Siallagan, Tina Bellita Analisis Nilai Karakter Siswa Yang Muncul Pada Siswa Berdasarkan Gaya Kognitifnya Dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Luar Kelas. Nilai Karakter, Gaya Kognitif, Pembelajaran Luar Kelas. (Unpublished)

[img] Text
ARTIKEL ILMIAH.doc

Download (478kB)

Abstract

ANALISIS NILAI KARAKTER YANG MUNCUL PADA SISWA BERDASARKAN GAYA KOGNITIFNYA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS LUAR KELAS Tina Bellita Siallagan1, Kamid2, dan Sofnidar2 1Mahasiswa Pendidikan Matematika Jurusan PMIPA FKIP Universitas Jambi 2Dosen Pendidikan Matematika Jurusan PMIPA FKIP Universitas Jambi Email: 1tinasiallagan@yahoo.com ABSTRAK Karakter adalah watak, tabiat, akhlak, atau kepribadian seseorang yang terbentuk dari hasil internalisasi berbagai kebajikan (virtues) yang diyakini dan digunakan sebagai landasan untuk cara pandang, berpikir, bersikap, dan bertindak. Dalam upaya pelaksanaan pendidikan karakter, terdapat 18 nilai pendidikan karakter yang hendak dikembangkan, yaitu: (1) religius, (2) jujur, (3) toleransi, (4) disiplin, (5) kerja keras, (6) kreatif, (7) mandiri, (8) demokratis, (9) rasa ingin tahu, (10) semangat kebangsaan, (11) cinta tanah air, (12) menghargai prestasi, (13) bersahabat/komunikatif, (14) cinta damai, (15) gemar membaca, (16) peduli lingkungan, (17) peduli sosial, (18) tanggung jawab. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan nilai karakter yang dominan muncul dan pebedaannya pada siswa field independent dan field dependent dalam pembelajaran matematika berbasis luar kelas. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX SMP N 1 Muaro Jambi yang mempunyai gaya kognitif field independent dan field dependent. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penulis sendiri, GEFT, lembar observasi nilai karakter, angket nilai karakter, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil analisis yang dilakukan nilai karakter yang dominan muncul pada siswa dengan gaya kognitif field independent dalam pembelajaran matematika berbasis luar kelas adalah religius dimana presentasenya mencapai 97.22% diikuti oleh nilai karakter mandiri 91.67%, disiplin 91.67%, toleransi 87.5%, kreatif 83.33%, komunikatif 83.33%, jujur 83.33% dan tanggung jawab 82.29%. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan nilai karakter yang dominan muncul pada siswa dengan gaya kognitif field dependent dalam pembelajaran matematika berbasis luar kelas adalah disiplin dimana presentasenya mencapai 93.75% diikuti oleh nilai karakter toleransi 86.46%, religius 83.33%, mandiri 83.33%, tanggung jawab 82.29%, kreatif 80.56%, jujur 79.17%, dan komunikatif 75%. Perbedaan nilai karakter bagi siswa field independent dan field dependent adalah siswa field independent lebih dominan religius sedangkan siswa field dependent lebih dominan adalah disiplin. Kata Kunci: Nilai Karakter, Gaya Kognitif, Pembelajaran Luar Kelas

Type: Article
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: TINA BELLITA SIALLAGAN
Date Deposited: 25 Jan 2018 06:39
Last Modified: 25 Jan 2018 06:39
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2873

Actions (login required)

View Item View Item