NURPIA, DESTRI PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA MELALUI PENGENALAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MEDIA GAMBAR PADA ANAK USIA DINI DI TK PERTIWI I KOTA JAMBI. PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA MELALUI PENGENALAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MEDIA GAMBAR PADA ANAK USIA DINI DI TK PERTIWI I KOTA JAMBI. (Submitted)
Text
DESTRI NURPIA RRA1F113019 (ARTIKEL).pdf Download (361kB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa melalui pengenalan membaca permulaan dengan media gambar pada anak usia dini. Penelitian ini berfokus pada anak Kelompok B TK Pertiwi I Kota jambi yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah anak-anak di kelas B4 TK Pertiwi I Kota Jambi yang berjumlah 14 anak, 7 laki-laki dan 7 perempuan. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas, dengan langkah-langkah pada penelitian tindakan yang meliputi penyusunan rencana, pelaksanaan tindakan, mengobservasi dan melakukan refleksi terhadap hasil akhir kegiatan. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus masing-masing 3 kali pertemuan. Data penelitian ini tentang data hasil penelitian ini dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Teknik analisis data diperoleh dengan cara mengisi angket dari pengamatan berupa catatan lapangan dan dokumentasi. Peneliti ini dalam pengolahan data berkolaborasi dengan guru kelas dalam mengisi lembar angket yang telah disediakan dalam setiap pertemuan. Hasil penelitian dari angket menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan berbahasa melalui pengenalan membaca permulaan pada anak usia dini dengan media gambar di kelompok B TK Pertiwi 1 Kota Jambi baru mulai berkembang yaitu: dari pratindakkan 26% siklus I pertemuan ke-1 28%, siklus I pertemuan ke-2 34%, dan siklus I pertemuan ke-3 38%. Pada siklus II sudah berkembang sesuai harapan yaitu: pada siklus II pertemuan ke-1 54%, siklus II pertemuan ke-2 60%, dan siklus II pertemuan ke-3 64%. Pada Siklus III peningkatan kemampuan berbahasa anak melalui pengenalan membaca permulaan sudah menunjukkan peningkatan yang hasilnya berkembang sangat baik sehingga mencapai keberhasilan yaitu pada siklus III pertemuan ke-1 79%, siklus III pertemuan ke-2 82%, dan akhirnya siklus III pertemuan ke-3 89% melebihi kriteria nilai ketuntasan yaitu 85%. Jadi dapat disimpulkan bahwa kemampuan berbahasa melalui pengenalan membaca permulaan pada anak usia dini dengan media gambar di kelompok B TK Pertiwi 1 Kota Jambi mengalami peningkatan yang sangat baik melebihi kriteria keberhasilan 85%, maka penelitian tindakan kelas ini dianggap berhasil. Kata Kunci : Kemampuan Berbahasa Melalui Pengenalan Membaca Permulaan, Media Gambar
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | DESTRI NURPIA |
Date Deposited: | 26 Jan 2018 01:01 |
Last Modified: | 26 Jan 2018 01:01 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2874 |
Actions (login required)
View Item |