“Korelasi Antara Minat Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran PPKn Dimasa Pandemi Covid-19 Di MTs Negeri 8 Muaro Jambi”.

Purnamasari, anti (2021) “Korelasi Antara Minat Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran PPKn Dimasa Pandemi Covid-19 Di MTs Negeri 8 Muaro Jambi”. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER, PERNYATAAN, DAFTAR ISI DAN LAIN-LAIN.pdf

Download (466kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (128kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (42kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (95kB)
[img] Text
ANTI PURNAMA SARI (A1A317015).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Sari, Purnama Anti. 2021. Korelasi Antara Minat Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran PPKn Dimasa Pandemi Covid-19 di MTs Negeri 8 Muaro Jambi: Skripsi, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Irzal Anderson, M.Si, (II) Dona Sariani, S.Pd., M.Pd., Kata Kunci: Minat belajar, Motivasi belajar, Hasil belajar Minat belajar merupakan suatu rasa lebih suka dan rasa ketertarikan pada suatu aktivitas belajar. Selain minat, motivasi juga menjadi faktor penting dalam mencapai tujuan pembelajaran karena dengan adanya motivasi akan menentukan arah siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran yang sudah ditetapkan. Kuat lemahnya minat dan motivasi belajar siswa akan mempengaruhi hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) hubungan antara minat dengan hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran PPKn dimasa pandemi covid-19 di MTs Negeri 8 Muaro Jambi, 2) hubungan antara motivasi dengan hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran PPKn dimasa pandemi covid-19 di MTs Negeri 8 Muaro Jambi, 3) hubungan antara minat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran PPKn dimasa pandemi covid-19 di MTs Negeri 8 Muaro Jambi. Metode yang digunakan adalah kuantitatif korelasional. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah angket dengan menggunakan skala likert. Angket tersebut memiliki beberapa item pernyataan yang terdiri dari item positif dan item negatif, untuk minat belajar terdiri dari 27 item pernyataan dan motivasi belajar terdiri dari 26 item pernyataan yang telah disebarkan secara online pada masa pandemi covid-19 ini oleh peneliti, kemudian ditarik kembali oleh peneliti untuk dilakukan analisis data dengan menggunakan aplikasi Microsoft Excel 2010 dan program SPSS versi 25 for windows. Dari hasil perhitungan yang telah dilakukan, maka diperoleh data mengenai hubungan minat belajar dengan hasil belajar sebesar 0,232, hal ini termasuk kategori hubungan yang rendah. Sedangkan hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar sebesar 0,409, hal ini termasuk kategori yang sedang. Kemudian uji F sebesar 13,945 > 3,11 yang artinya terdapat hubungan yang positif dan signifikansi antara minat belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran PPKn di MTs Negeri 8 Muaro Jambi Dan koefisien determinasi sebesar 0,258 artinya minat belajar dan motivasi belajar memberikan kontribusi sebesar 25,8% terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn. Berdasarkan analisis data dan hasil penelitian serta pengujian hipotesis yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar, motivasi belajar dengan hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran PPKn di MTs Negeri 8 Muaro Jambi. Artinya semakin tinggi minat belajar dan motivasi belajar siswa, maka akan semakin tinggi pula hasil belajar siswa.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan PPKn
Depositing User: Sari
Date Deposited: 17 Dec 2021 07:52
Last Modified: 17 Dec 2021 07:52
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/28903

Actions (login required)

View Item View Item