ROTUA SIMANJUNTAK, DEBORA PENINGKATAN PERKEMBANGAN KOGNITIF TENTANG BERHITUNG PERMULAAN MELALUI PERMAINAN TABUNG ANGKA PADA ANAK USIA DINI DI TK PERTIWI I KOTA JAMBI. PENINGKATAN PERKEMBANGAN KOGNITIF TENTANG BERHITUNG PERMULAAN MELALUI PERMAINAN TABUNG ANGKA PADA ANAK USIA DINI DI TK PERTIWI I KOTA JAMBI. (Submitted)
Text
Artikel RRA1F113005.pdf Download (346kB) |
Abstract
ABSTRAK Debora Rotua Simanjuntak. 2017. Peningkatan Perkembangan Kognitif Tentang Berhitung Permulaan Melalui Permainan Tabung Angka Pada Anak Usia Dini Di Tk Pertiwi I Kota Jambi. Skripsi. Program Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Pembimbing (1) Drs. Tumewa Pangaribuan, M.Pd (II) Dr. K. A. Rahman, S.Ag. M.Pd. I Kata Kunci : Kognitif Tentang Berhitung Permulaan, Tabung Angka Kegiatan permainan kognitif anak cendrung dengan kartu angka permainanpun membuat anak merasa bosan, anak juga belum dapat menyebutkan angka sesuai dengan urutan 0-9, anak belum dapat membedakan bentuk angka misalnya angka 6 dengan 9, angka 3 dengan 5 jadi penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perkembangan kognitif tentang berhitung permulaan anak usia dini melalui permainan tabung angka di kelompok B TK Pertiwi 1 Kota Jambi. Penelitian berfokus pada anak Kelompok B TK Pertiwi I Kota Jambi. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia dini di kelas B1 TK Pertiwi I Kota Jambi yang berjumlah 16 anak, 11 laki-laki dan 5 perempuan. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas, dengan langkah-langkah pada penelitian tindakan yang meliputi penyusunan rencana, pelaksanaan tindakan, mengobservasi dan melakukan refleksi terhadap hasil akhir kegiatan. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus masing-masing 4 kali pertemuan. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif.Teknik analisis data diperoleh dengan cara mengisi angket dari pengamatan berupa catatan lapangan dan dokumentasi. Peneliti dalam pengolahan data berkolaborasi dengan guru kelas dalam mengisi lembar angket yang telah disediakan dalam setiap pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kognitif tentang berhitung permulaan anak usia dini melalui permainan tabung angka di kelompok B TK Pertiwi I Kota Jambi yaitu: Pada pratindakan kemampuan kognitif tentang berhitung permulaan anak masih belum berkembang dengan presentase 26%. Pada siklus I kemampuan kognitif tentang berhitung permulaan anak mulai berkembang dengan presentase 27% pada siklus I pertemuan ke-1, siklus I pertemuan ke-2 30%, siklus I pertemuan ke-3 33% dan siklus I pertemuan ke-4 37%. Pada siklus II peningkatan kognitif tentang berhitung permulaan anak berkembang sesuai harapan yaitu pada siklus II pertemuan ke-1 52%, siklus II pertemuan ke-2 56%, siklus II pertemuan ke-3 59 dan siklus II pertemuan ke-4 62%. Pada siklus III peningkatan kognitif tentang berhitung permulaan anak sudah berkembang sangat baik sehingga mencapai keberhasilan yaitu pada siklus III pertemuan ke-1 77%, siklus III pertemuan ke-2 81%, siklus III pertemuan ke-3 84%, akhirnya siklus III pertemuan ke-4 melebihi kriteria nilai ketuntasan 85%, pertemuan ke-4 mencapai 88%. Jadi dapat disimpulkam bahwa perkembangan kognitif tentang berhitung permulaan anak usia dini melalui permainan tabung angka di kelompok B TK Pertiwi 1 Kota Jambi mengalami peningkatan yang sangat baik melebihi kriteria keberhasilan 85%, maka penelitian tindakan kelas ini dianggap berhasil.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | DEBORA ROTUA SIMANJUNTAK |
Date Deposited: | 26 Jan 2018 07:12 |
Last Modified: | 26 Jan 2018 07:12 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2892 |
Actions (login required)
View Item |