UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA KELAS V SD NEGERI 182/1 HUTAN LINDUNG

FAZLI, ARI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA KELAS V SD NEGERI 182/1 HUTAN LINDUNG. UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA KELAS V SD NEGERI 182/1 HUTAN LINDUNG. (Submitted)

[img] Text
ARTIKEL ILMIAH ARI.pdf

Download (318kB)

Abstract

ABSTRAK Fazli, A. 2018. Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick Pada Kelas V SD Negeri 182/1 Hutan Lindung. Pembimbing 1. Drs, Nelyahardi Gutji, M.Pd; Pembimbing II. Ahmad Hariandi, S.Pd.I, M. Ag; Kata Kunci : Model Talking Stick , dan Motivasi Dalam proses pembelajaran guru harus mampu merancang pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa, selain itu guru juga harus bisa menimbulkan motivasi belajar bagi siswa ketika proses pembelajaran itu berlangsung agar proses belajar tersebut menjadi menyenangkan dan siswa bersemanagat untuk belajar. Motivasi pada individu sangat penting karena motivasi yang dimiliki akan mempengaruhi perilaku seseorang termasuk dalam kegiatan belajarnya. Tinggi rendah motivasi yang dimiliki seseorang mempengaruhi timbulnya keinginan untuk belajar dan banyaknya materi yang akan dipelajari karena motivasi inilah yang memberi kekuatan dan arah pada tingkah laku yang ditampilkan individu . Dengan memiliki motivasi belajar, siswa akan memiliki keinginan dan kekuatan untuk belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan langkah-langkah model talking stick dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas V SD Negeri 182/1 Hutan Lindung. Metode penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang membahas tentang Bagaimana penerapan model talking stick sehingga dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Kelas V SD Negeri 182/1 Hutan Lindung. Penerapan model pembelajaran talking stick dengan langkah-langkah model pembelajaran talking stick yaitu (1) Guru menyiapkan tongkat; (2) Peserta didik diminta untuk mendengarkan tentang materi atau permasalahan yang disampaikan guru; (3) Peserta didik diminta untuk membaca buku cetak; (4) Setelah membaca buku, peserta didik diminta menutup buku kembali; (5) Guru memberikan tongkat kepada siswa, setelah itu memberikan pertanyaan kepada siswa yang mendapat tongkat dan siswa harus menjawab pertanyaan tersebut; (6) Guru dan siswa memberi kesimpulan; (7) Penutup. Pengumpulan data pada penelitian ini melalui lembar observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus dan setiap siklusnya terdiri dari satu pertemuan. Pada setiap pertemuan akan dilakukan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus I adalah 53,74%. Hasil penelitian pada siklus II adalah 56,21 sedangkan pada siklus III mengalami peningkatan pada siklus ini dengan nilai mencapai 86,25%.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: ARI FAZLI
Date Deposited: 26 Jan 2018 09:31
Last Modified: 26 Jan 2018 09:31
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2899

Actions (login required)

View Item View Item