Identifikasi Perkembangan Kognitif Dalam 3 Indikator Berfikir Logis Anak Usia 5-6 Tahun Di TK. Pertiwi II Kota Jambi

Marbun, Desy Rianti (2021) Identifikasi Perkembangan Kognitif Dalam 3 Indikator Berfikir Logis Anak Usia 5-6 Tahun Di TK. Pertiwi II Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (291kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (328kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (292kB)
[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (28kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (305kB)
[img] Text
SKRIPSI DESY RIANTI MARBUN RRA1F117002.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf

Download (119kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Marbun, D. 2021. Identifikasi Perkembangan Kognitif Dalam 3 Indikator Berfikir Logis Anak Usia Dini 5-6 Tahun Di TK Pertiwi II Kota Jambi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. FKIP Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Drs. Tumewa Pangaribuan, M. Pd (II); Nyimas Muazzomi, S. Ag., M. Pd. I Kata kunci : Identifikasi, Perkembangan Kognitif, Berfikir Logis Masalah dalam penelitian di TK Pertiwi II Kota Jambi ini adalah terdapat 6 dari 32 anak yang perkembangan kognitif dalam berfikir logisnya belum berkembang secara baik. Masih belum berkembangnya perkembangan kognitif dalam berfikir logis ini terlihat ketika anak mengikuti proses pembelajaran, dimana pemahaman anak terhadap mengurutkan benda berdasarkan ukuran dari yang kecil ke besar atau sebaliknya, mengklasifikasikan benda berdasarkan warna, bentuk, dan ukuran, dan mengklasifikasikan benda yang lebih banyak ke dalam kelompok yang sama atau kelompokmasih belum berkembang dengan optimal. Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mendeskripsikan tingkat perkembangan kognitif dalam berfikir logis pada aspek mengurutkan benda berdasarkan ukuran dari paling kecil ke paling besar. 2) Untuk mendeskripsikan tingkat perkembangan kognitif dalam berfikir logis pada aspek mengklasifikasikan benda berdasarkan warna, bentuk, dan ukuran. 3) Untuk mendeskripsikan tingkat perkembangan kognitif dalam berfikir logis pada aspek mengklasifikasikan benda yang lebih banyak ke dalam kelompok yang sama. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana tingkatan perkembangan kognitif dalam berfikir logis pada aspek mengurutkan benda berdasarkan ukuran dari paling kecil ke paling besar, mengklasifikasikan benda berdasarkan warna, bentuk, dan ukuran dan mengklasifikasi benda yang lebih banyak kedalam kelompok yang sama. Jenis Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini berjumlah 32 anak. Sampel penelitian ini berjumlah 32 anak. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan studi dokumentasi. Teknik analisis menggunakan kriteria penafsiran persentase. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian didapatkan: 1) Identifikasi perkembangan kognitif dalam berfikir logis pada aspek mengurutkan ukuran benda dari yang kecil ke besar berada pada tingkat “Tinggi” (73%). 2) Identifikasi perkembangan kognitif dalam berfikir logis pada aspek mengelompokkan benda berdasarkan warna, bentuk dan ukuran berada pada tingkat “Tinggi” (66%). 3) Identifikasi perkembangan kognitif dalam berfikir logis pada aspek mengklasifikasikan benda yang lebih banyak ke dalam kelompok yang sama berada pada tingkat “Tinggi” (75%). Kesimpulan penelitian bahwa perkembangan kognitif dalam kemampuan berfikir logis anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi II Kota Jambi berada pada tingkatan “Tinggi.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Identifikasi,Perkembangan Kognitif,Berfikir Logis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Marbun
Date Deposited: 13 Jan 2022 06:55
Last Modified: 13 Jan 2022 06:55
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/29012

Actions (login required)

View Item View Item