PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS ESAI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 19 MUARA BUNGO

Rina, Zarina (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS ESAI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 19 MUARA BUNGO. S2 thesis, Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

[img] Text
COVER.pdf

Download (40kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN, HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (162kB)
[img] Text
BAB VI ATAU KESIMPULAN.pdf

Download (87kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (95kB)

Abstract

ABSTRACT Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) pengaruh penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap kemampuan menulis esai, (2) pengaruh penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap kemampuan menulis esai pada siswa yang memiliki tingkat motivasi siswa belajar tinggi, (3) pengaruh penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap kemampuan menulis esai pada siswa yang memiliki tingkat motivasi siswa belajar rendah (4) pengaruh tingkat motivasi belajar siswa terhadap kemampuan menulis esai. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, yang akan dilakukan dengan metode kuasi eksperimen yang melibatkan 3 variabel yaitu model pembelajaran CIRC sebagai variabel bebas (variabel independen), motivasi belajar sebagai variabel moderator, dan kemampuan menulis esai sebagai variabel terikat (variabel dependen). Penetapan sampel dengan teknik Simple Random Sampling yaitu menggunakan teknik secara acak tanpa memerhatikan strata yang ada dalam populasi. Pada pengumpulan data dilakukan dengan instrumen angket motivasi dan tes menulis esai. Analisis data dilakukan dengan uji beda (t-test). Penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran CIRC terhadap kemampuan menulis esai, terlihat dari perolehan nilai thitung = 7.771 > ttabel = 1.684 pada taraf α = 0,05. (2) terdapat yang signifikan model pembelajaran CIRC terhadap kemampuan menulis esai pada siswa yang memiliki motivasi tinggi, terlihat dari perolehan nilai thitung = 3.739 > ttabel = 1.725 pada taraf α = 0,05. (3) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran CIRC terhadap kemampuan menulis esai pada siswa yang memiliki motivasi rendah, terlihat dari perolehan nilai thitung = 4.294 > ttabel = 1.725 pada taraf α = 0,05. (4) terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar siswa terhadap kemampuan menulis esai, terlihat dari perolehan nilai thitung = 2.078 > ttabel = 1.684 pada taraf α = 0,05.

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: ZARINA
Date Deposited: 20 Dec 2021 05:03
Last Modified: 20 Dec 2021 05:03
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/29063

Actions (login required)

View Item View Item