Manajemen Layanan Sirkulasi di Perpustakaan Universitas Jambi pada Masa COVID- 19

Wahyuni, Elvia and Firman, Firman and Setiyadi, Bradley (2021) Manajemen Layanan Sirkulasi di Perpustakaan Universitas Jambi pada Masa COVID- 19. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (250kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (201kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (320kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (188kB)
[img] Text
halaman pengesahan.pdf

Download (272kB)
[img] Text
full_Skripsi_Elvia Wahyuni_A1D517003_Manajemen Layanan Sirkulasi di Perpustakaan Universitas Jambi.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen layanan sirkulasi yang ada di perpustakaan Universitas Jambi dan apa saja permasalahan yang timbul dalam penerapannya pada masa COVID- 19. Sehingga, dapat diketahui langkah- langkah dalam pemecahan masalah tersebut, yang dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi atau bahan pertimbangan untuk membuat kebijakan pada periode selanjutnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan case study atau studi kasus. Dimana, subjek dari penelitian ini adalah petugas perpustakaan dan mahasiswa/pengunjung perpustakaan itu sendiri sebagai subjek yang merasakan layanan sirkulasi yang diterapkan di perpustakaan Universitas Jambi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode Triangulasi dengan menggabungkan beberapa teknik seperti melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) Pelaksanaan sistem layanan sirkulasi di perpustakaan Universitas Jambi pada masa COVID- 19 sudah memenuhi standar prosedur menggunakan sistem komputer sehingga mempercepat dan mempermudah pelayanannya, hanya saja jam operasionalnya berubah menjadi tutup lebih cepat pada masa COVID- 19. Dan pada masa ini dibuat aturan tambahan yaitu mematuhi protokol kesehatan walaupun masih ada yang belum mematuhi protokol kesehatan dengan baik salah satu penyebabnya adalah kurangnya kenyamanan dalam mencuci tangan serta kurang konsisten dalam memakai masker. (2) Terhambatnya peminjaman buku saat Universitas Jambi dalam keadaan lockdown. Hal ini juga menyebabkan berkurangnya jumlah pengunjung dan tingkat peminjaman. Pengurangan jumlah pengunjung dan tingkat peminjaman ini juga disebabkan karena Universitas Jambi menerapkan sistem pembelajaran online dan juga penyusunan buku/koleksi yang kurang rapi dan kurang up to date serta sistem OPAC (online public access catalogue) yang masih bermasalah sehingga, mahasiswa kurang berminat mencari buku di perpustakaan Universitas dan lebih memilih mencari perpustakaan yang lebih mudah dicari koleksinya dan juga lebih lengkap. (3) Diperlukannya kebijakan baru terkait layanan yang dapat mempermudah layanan sirkulasi pada masa COVID- 19 agar dapat terus terlaksana walaupun berada dalam keadaan lockdwon.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: WAHYUNI
Date Deposited: 20 Dec 2021 06:38
Last Modified: 20 Dec 2021 06:38
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/29069

Actions (login required)

View Item View Item