Tanggung Jawab Influencer Dalam Pemasaran Produk Usaha Melalui Instagram

Rahmandini, Adifa (2021) Tanggung Jawab Influencer Dalam Pemasaran Produk Usaha Melalui Instagram. S1 thesis, Ilmu Hukum.

[img] Text
Skripsi Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
cover skripsi-dikonversi.pdf

Download (493kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan dan Halaman Pengesahan skripsi-dikonversi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak skripsi-dikonversi.pdf

Download (857kB)
[img] Text
BAB I-dikonversi.pdf

Download (260kB)
[img] Text
Bab IV-dikonversi.pdf

Download (33kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-dikonversi.pdf

Download (116kB)

Abstract

ABSTRAK Di era digital ini, dalam memasarkan produk usaha dapat menggunakan jasa influencer. Hal ini karena pengaruh influencer yang dapat meningkatkan penjualan produk. Namun masih terdapat influencer yang melakukan promosi produk yang dapat berpotensi merugikan konsumen. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis tangggung jawab influencer berdasarkan peraturan perundang-undangan di Indonesia jika suatu produk usaha yang dipromosikan melalui akun instagramnya berpotensi mengakibatkan kerugian pada konsumen dan untuk mengetahui dan menganalisis perlindungan hukum terhadap konsumen atas informasi iklan yang mengandung unsur ketidakjujuran. Penelitian ini menggunakan metode yuridis normatif dengan pendekatan perundang-undangan, pendekatan konseptual dan penedekatan kasus. Mengenai pengumpulan bahan hukum diperoleh dari bahan-bahan pustaka yang meliputi bahan hukum primer, sekunder, dan tersier. Hasil penelitian ini adalah influencer dapat bertanggung jawab terhadap substansi/materi iklan yang disampaikan, tetapi influencer tidak dapat bertanggung jawab dalam memberikan ganti kerugian pada konsumen atas penggunaan produk yang diiklankannya karena pertanggungjawaban tersebut berada pada pelaku usaha. Perlindungan hukum terhadap konsumen dapat berupa pihak-pihak terkait melanjutkan penawaran, promosi, dan pengiklanan produk. Dan dapat berupa pemberian ganti kerugian atas konsumen yang mengalami kerugian. Kata Kunci : Tangung Jawab, Influencer, Pemasaran Produk Usaha, Instagram.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: RAHMANDINI
Date Deposited: 21 Dec 2021 02:15
Last Modified: 21 Dec 2021 02:15
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/29170

Actions (login required)

View Item View Item