JUWITA, HEFTY and SYAHRI, WILDA and YUSNIDAR, YUSNIDAR (2021) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN SOFTWARE PREZI PADA MATERI LAJU REAKSI KELAS XI MIPA SMAN 5 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text (PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN SOFTWARE PREZI PADA MATERI LAJU REAKSI KELAS XI MIPA SMAN 5 KOTA JAMBI)
SKRIPSI_HEFTY JUWITA_A1C117053.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
![]() |
Text (COVER)
COVER.pdf Download (90kB) |
![]() |
Text (HALAMAN PERSETUJUAN, HALAMAN PENGESAHAN)
HALAMAN PERSETUJUAN, HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (86kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (152kB) |
![]() |
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (178kB) |
![]() |
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf Download (155kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (220kB) |
Abstract
ABSTRAK Juwita, Hefty. 2021. “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Discovery Learning Menggunakan Software Prezi Pada Materi Laju Reaksi Kelas XI MIPA SMAN 5 Kota Jambi”. Skripsi Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing : (I) Dr. Dra. Wilda Syahri, M.Pd, (II) Dra. Yusnidar, M.Pd. Kata Kunci : Multimedia, Discovery Learning, Software Prezi, Model Pengembangan Hannafin dan Peck, Laju Reaksi. Kimia merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan alam yang secara khusus mempelajari perubahan materi, baik secara kimia maupun perubahan secara fisika. Mata pelajaran kimia terfokus pada bagaimana siswa memahami konsep, prinsip, hukum dan teori kimia serta keterkaitannya antara ilmu kimia itu dengan penerapannya di kehidupan sehari-hari guna menyelesaikan suatu masalah. Discovery Learning merupakan suatu model pembelajaran dimana siswa belajar mencari dan menemukan sendiri, dalam pembelajarannya siswa diberi peluang untuk mencari, memecahkan, hingga menemukan cara-cara penyelesaiannya dan jawaban-jawabannya sendiri yang dapat membuat siswa menggali pengetahuan atau pemahaman konsep secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana prosedur pengembangan multimedia berbasis Discovery Learning menggunakan Software Prezi pada materi laju reaksi, bagaimana kelayakan multimedia pembelajaran yang dikembangkan menurut ahli media serta ahli desain dan materi, bagaimana tanggapan guru dan respon siswa terhadap multimedia pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan Hannafin dan Peck. Instrument penelitian yang digunakan berupa lembar pedoman wawancara dan angket. Produk hasil dari pengembangan di validasi oleh ahli media serta ahli desain dan materi kemudian di nilai oleh guru yang selanjutnya di uji coba kelompok kecil. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif (komentar dan saran) dan analisis data kuantitatif (skor jawaban dan persentase). Hasil dari penelitian ini adalah sebuah multimedia pembelajaran berbasis Discovery Learning menggunakan Software Prezi yang telah di validasi oleh ahli media serta ahli desain dan materi dinyatakan layak untuk di ujicobakan. Selanjutnya berdasarkan dari tanggapan dan penilaian guru diketahui bahwa multimedia pembelajaran yang dikembangkan berada pada kategori baik sehingga boleh di ujicobakan kepada siswa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multimedia, Discovery Learning, Software Prezi, Model Pengembangan Hannafin dan Peck, Laju Reaksi. |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works Universitas Jambi (UNJA) > Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | JUWITA |
Date Deposited: | 21 Dec 2021 07:01 |
Last Modified: | 21 Dec 2021 07:01 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/29228 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |