Rizkiah, Nadiah (2021) Faktor-faktor yang mempengaruhi Minat Belanja Online Masyarakat (Studi Kasus Pengikut Instagram Muslimah Thread). S1 thesis, Ekonomi Pembangunan.
![]() |
Text
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (270kB) |
![]() |
Text
HALAMAN AWAL SCAN TTD.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (384kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (650kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (528kB) |
Abstract
ABSTRAK E-commerce mempunyai peran yang sangat penting dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia. Shopee sebagai aplikasi belanja online yang memimpin e-commerce di Indonesia menawarkan berbagai macam promosi untuk meningkatkan nominal transaksi belanja online. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik responden dan pengaruh promosi, harga produk dan pengalaman belanja terhadap minat belanja online masyarakat secara parsial. Untuk menjawab tujuan penelitian, dilakukan penelitian dengan menggunakan skala likert yang dibagikan dengan google form melalui instagram @Muslimahthread_, dari hasil data yang didapat dari skala likert kemudian diolah dengan model regresi berganda. Dari hasil penelitian didapatkan karakteristik responden didominasi oleh responden yang berusia antara rentang 14 – 23 tahun (84,6%), berpendidikan SMP Sederajat dan SMA Sederajat (82,4%), belum menikah (90%), berstatus sebagai pelajar/mahasiswa (62%), berasal dari Pulau Jawa (67,4%), yang sudah bekerja memiliki pendapatan antara rentang Rp300.000 – Rp2.522.278 (49%) dan yang belum bekerja memiliki pendapatan antara rentang Rp60.000 – Rp1.239.621 (92,4%). Dengan pengeluaran antara rentang Rp35.000 – Rp941.341 per bulannya (79,6%), rata-rata nominal transaksi belanja online yaitu antara rentang Rp20.000 - Rp359.095 per bulannya (84,2%), tidak memiliki pekerjaan sampingan (76,9%), jenis produk yang paling diminati adalah Produk Fashion dan Produk Kecantikan (78,3%), dan jenis pembayaran yang paling sering digunakan yaitu bayar di tempat atau COD (40,7%). Hasil regresi linier berganda menunjukkan bahwa Promosi dan Pengalaman Belanja berpengaruh signifikan terhadap Minat Belanja Online. Sedangkan Harga Produk tidak berpengaruh signifikan terhadap Minat Belanja Online. Implikasi kebijakan yang dapat diambil adalah dengan melakukan segmentasi untuk masyarakat yang berasal dari luar pulau Jawa dengan pemberian Promo Gratis Ongkir yang lebih banyak. Dan pemerintah hendaknya memudahkan pembayaran paperless payment bagi seluruh masyarakat dengan memperbanyak ATM, memudahkan pendaftaran mobile banking dan uang elektronik. Dan hendaknya promosi yang ditawarkan oleh perusahaan e-commerce maupun seller mengandung ajakan kepada masyarakat untuk mencoba berbelanja online sebagai pengalaman pertama berbelanja online, karena pengalaman belanja sangat berpengaruh terhadap Minat Belanja Online Masyarakat. Kata Kunci: Promosi, Harga Produk, Pengalaman Belanja, Minat Belanja Online, Program Afiliasi Shopee.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan |
Depositing User: | RIZKIAH |
Date Deposited: | 22 Dec 2021 02:33 |
Last Modified: | 22 Dec 2021 02:33 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/29256 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |