Kartika, Kelli (2021) Penanaman Nilai-nilai Nasionalisme Bung Hatta Dalam Pembelajaran Sejarah Kelas XI SMAN 8 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK-dikonversi.pdf Download (11kB) |
![]() |
Text
BAB I-dikonversi.pdf Download (117kB) |
![]() |
Text
BAB V-dikonversi.pdf Download (96kB) |
![]() |
Text
daftar isi kelly-dikonversi.pdf Download (21kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (179kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (180kB) |
![]() |
Text
KATA PENGANTAR-dikonversi.pdf Download (69kB) |
![]() |
Text
PENANAMAN NILAI NILAI NASIONALISME BUNG HATTA DALAM PEMBELAJ.pdf Download (22kB) |
![]() |
Text
PENANAMAN NILAI NILAI NASIONALISME BUNG HATTA DALAM PEMBELAJ-digabungkan.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
KARTIKA, KELLI. 2021. Implementasi Nilai-nilai Nasionalisme Bung Hatta dalam Pembalajarn Sejarah Siswa Kelas XI IPS SMAN 8 Kota Jambi. Skripsi. Prodi Pendidikan Sejarah. Jurusan Pendidikan Ilmu Sosial. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Jambi. Kata Kunci: Implementasi, Nilai-nilai Nasionalisme Bung Hatta, Pembelajaran Sejarah. Degradasi karakter peserta didik di sekolah dibuktikan dengan banyaknya kasus seperti kurangnya kedisiplinan di lingkungan sekolah sehingga diperlukan penerapan nilai-nilai Nasionalisme kepada peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1)Implementasi nilai-nilai Nasionalisme Bung Hatta dalam pembelajaran sejarah kelas XII SMAN 8 Kota Jambi, 2)Hambatan dan solusi Implementasi nilai-nilai Nasionalisme Bung Hatta dalam pembelajaran sejarah kelas XII SMAN 8 Kota Jambi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini yaitu hasil wawancara, hasil observasi dan hasil dokumentasi. Lokasi penelitian dilakukan di SMAN 8 Kota Jambi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa 1) Implementasi nilai-nilai Nasionalisme Bung Hatta dalam pembelajaran sejarah siswa kelas XI IPS 1 SMAN 8 Kota Jambi dapat dilakukan dengan memasukkan nilai-nilai Nasionalisme Bung Hatta melalui rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) oleh pendidik, kemudian diaplikasikan kedalam proses belajar mengajar di kelas. 2) Hambatan dan solusi implementasi nilai-nilai Nasionalisme Bung Hatta dalam pembelajaran sejarah siswa kelas XI IPS 1 SMAN 8 Kota Jambi, hambatan yang ditemukan yaitu pembelajaran yang dilakukan tidak secara tatap muka atau di sebut dengan pembelajaran via zoom, dan siswa yang memiliki rasa malas yang tinggi sehingga sulit untuk siswa memahami materi pembelajaran tersebut. Solusi untuk mengatasi hambatan penerapan nilainilai Nasionalisme Bung Hatta ini yaitu pembelajaran yang dilakukan secara tatap muka serta memotivasi siswa agar lebih bersemangat lagi untuk belajar serta memperbanyak membaca buku tentang tokoh-tokoh pahlawan terutama Bung Hatta, mengakses dari internet untuk menggali informasi mengenai Bung Hatta dan bagi siswa yang memiliki masalah bisa konseling dengan guru bimbingan konseling
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | KARTIKA |
Date Deposited: | 29 Dec 2021 07:40 |
Last Modified: | 29 Dec 2021 07:40 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/29357 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |