PENGEMBANGAN E-MODUL KIMIA BERBASIS PjBL-STEM UNTUK PEMBELAJARAN DARING SISWA SMA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

AMAYATI AULYA, RAISHA and Asyhar, Rayandra and Yusnaidar, Yusnaidar (2021) PENGEMBANGAN E-MODUL KIMIA BERBASIS PjBL-STEM UNTUK PEMBELAJARAN DARING SISWA SMA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. S2 thesis, UNIVRSITAS JAMBI.

[img] Text
Cover.pdf

Download (106kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (212kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf

Download (310kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (460kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

ABSTRAK Aulya, R. A. 2021. “Pengembangan E-Modul Kimia Berbasis PjBL-STEM untuk Pembelajaran Daring Siswa SMA pada Materi Larutan Penyangga”. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Jambi. Pembimbing: (1). Prof. Dr. Rer.Nat. Rayandra Ashyar, M.Si.(II) Dr. Yusnaidar, S.Si., M.Si. Kata kunci:E-Modul Kimia Berbasis Pendekatan STEM, Project Based Learning, Larutan Penyangga. Pembelajaran iabad i21 imenuntun isiswa ilebih iaktif idalam iproses ibelajar, ikreatif idan iinovatif, isehingga idibutuhkan isuatu iinovasi ibaru idalam imeningkatkan iketerampilan isiswa iterutama idi ibidang isains idan imatematika iyaitu idengan imenggabungkan iilmu isains idan imatematika idalam isatu isistem iyang ididukung idengan isuatu irekayasa i(engineering) idan iteknologi iyang idikenal idengan iSTEM ieducation. iPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar e-modul pembelajaran berbasis pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) yang disusun mengikuti tahapan model pembelajaran project based learning berbasis pendekatan STEM pada materi Larutan Penyangga di SMA. Metode penelitian ini mengikuti model pengembangan Lee and Owens (2004) yang dibatasi sampai pada uji kelompok kecil produk yaitu pada siswa kelas XI MIPA di SMA N 1 Lubuklinggau. Kelayakan e-modul ini dilihat dari kelayakan teoritis yaitu hasil validasi ahli materi, ahli desain pembelajaran dan ahli media. Kelayakan secara praktis yaitu dari penilaian guru degan skor 95,71% dan respon siswa dengan skor 87,00% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil validasi ahli materi, ahli desain pembelajaran, ahli media, penilaian guru, dan respon siswa menunjukkan bahwa e-modul berbasis pendekatan STEM ini berpotensi untuk digunakan dalam pembelajaran materi larutan penyangga di SMA.

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: AULYA
Date Deposited: 22 Dec 2021 04:24
Last Modified: 22 Dec 2021 04:24
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/29373

Actions (login required)

View Item View Item