KEMAMPUAN MENULIS PUISI BEBAS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

PRASETYO, RUDY KEMAMPUAN MENULIS PUISI BEBAS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. KEMAMPUAN MENULIS PUISI BEBAS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. (Submitted)

[img] Text
A1D111001 - ARTIKEL.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Prasetyo, Rudy. 2017. “Kemampuan Menulis Puisi Bebas Siswa Kelas V Sekolah Dasar”. Pembimbing I. Dra. Hj. Irma Suryani, M. Pd; Pembimbing II. Issaura Sherly Pamela, S. Pd, M. Pd Kata kunci : kemampuan menulis, puisi bebas Kemampuan menulis merupakan kemampuan menurunkan atau melukiskan lambang-lambang grafis yang menggambarkan suatu bahasa yang dipahami oleh seseorang.. Peneliti ingin melihat kemampuan siswa menulis puisi bebas karena kemampuan menulis merupakan salah satu kemampuan yang terdapat pada kompetensi dasar Bahasa dan Sastra Indonesia. Selain itu, Menulis puisi perlu dikenalkan kepada siswa sejak di sekolah dasar, sehingga siswa mempunyai kemampuan untuk mengapresiasikan puisi dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan siswa kelas kelas V Sekolah Dasar. Manfaat penelitian adalah sebagai dasar untuk mengembangkan pembelajaran menulis sehingga kemampuan siswa dalam menulis puisi bebas bisa terkembangkan, serta mampu mengoptimalkan seluruh kemampuan menulis. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 159 Muara Jambi Tahun Pelajaran 2017/2018. Data penelitian ini adalah didapatkan langsung dari puisi bebas yang ditulis oleh siswa kelas V. Sumber data yaitu puisi yang ditulis siswa kelas V SD Negeri 159 Muara Jambi Tahun Pelajaran 2017/2018. Sesuai data dan sumber data maka instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah berupa tes. Penilaian tersebut memperhatikan unsur-unsur puisi, yang sesuai dengan indikator penilaian menulis puisi bebas di kelas V SD. Unsur-unsur yang dimaksud yaitu kesesuaian isi puisi dengan tema (tema) dan kreativitas dalam pemilihan kata-kata (diksi). Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas isi, teknik reliabilitas tes, yang sesuai dengan penelitian karena teknik tersebut mengacu kepada penilaian yang diberikan oleh dua orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes. Teknik analisis data penelitian ini adalah membaca seluruh tulisan siswa dan menilai satu persatu tulisan tersebut. Penelitian yang dilakukan meliputi 2 unsur puisi yang dipilih berdasarkan indikator yang dipelajari siswa kelas 5 SD, kedua unsur tersebut yaitu kesesuaian isi puisi dengan tema (tema) dan kreativitas dalam pemilihan kata-kata (diksi). Persentase dari unsur tema, tergolong kriteria kualitas kemampuan mampu dengan interval persentase 83,3% dan dari unsur diksi, tergolong kriteria kualitas mampu dengan interval persentase 78,1%. Berdasarkan pembahasan dan analisis hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa Kemampuan siswa kelas V SD Negeri 159 Muaro Jambi dalam menulis puisi bebas Tahun Pelajaran 2017/2018 dengan kategori mampu yaitu dengan indeks penilaian 3,23.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: RUDY PRASETYO
Date Deposited: 29 Jan 2018 03:25
Last Modified: 29 Jan 2018 03:25
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2939

Actions (login required)

View Item View Item