HARAHAP, JULIAWATI ANALISIS FAKTOR – FAKTOR PENYEBAB KEJENUHAN BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII D SMPN 7 MUARO JAMBI. ANALISIS FAKTOR – FAKTOR PENYEBAB KEJENUHAN BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII D SMPN 7 MUARO JAMBI. (Submitted)
Text
ARTIKEL ILMIAH.pdf Download (169kB) |
Abstract
ABSTRAK Harahap. Juliawati. 2017. “Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kejenuhan Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran IPS Kelas VIII D SMP Negeri 7 Muaro Jambi”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Jurusan PIPS FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I Prof. Dr. Drs. H. Khairinal, Dpt, BA. Msi, Pembimbing II Drs. M. Salam, M.Si Kata Kunci: Kejenuhan Belajar, Mata Pelajaran IPS Masalah dalam penelitian ini adalah banyaknya siswa SMPN 7 Muaro Jambi yang mengalami kejenuhan saat belajar. Sehingga penulis tertarik untuk menyelidiki apa yang menyebabkan siswa mengalami kejenuhan saat belajar IPS dan mengapa hal itu bisa terjadi dan faktor-faktor apa saja yang menyebabkan jenuh terjadi pada siswa. Tujuan penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui faktor- faktor apa saja yang penyebab siswa mengalami kejenuhan saat belajar dan 2. Bagaimana mengatasi kejenuhan belajar pada siswa kelas VIIID SMP Negeri 7 Muaro Jambi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, sumber data dalam penelitian ini adalah seorang Guru IPS, 3 siswa SMPN 7 Muaro Jambi, dan 3 orang tua siswa. Metode pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara dan observasi. Pengumpulan data mengenai analisis faktor-faktor penyebab kejenuhan belajar siswa dalam mata pelajaran IPS kelas VIIID SMPN 7 Muaro Jambi. Dilakukan dengan menggunakan metode wawancara kepada guru, siswa dan orang tua. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan 3 tahap yaitu: reduksi data, penyajian data, serta penarikkan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian adalah 1. Faktor-faktor penyebab kejenuhan belajar siswa dalam mata pelajaran IPS kelas VIIID SMPN 7 Muaro Jambi yang diakibatkan oleh a. Kurangnya konsentrasi dalam belajar b. Fasilitas sekolah yang kurang memadai c. Tidak suka metode guru yang mengajar. Saran yang dapat di sampaikan antara lain : diharapkan kepada siswa agar dapat meningkatkan perhatian terhadap bahan yang dipelajarinya, banyak membaca buku agar mendapat wawasan yang lebih luas, pihak guru : harus menggunakan metode yang lebih bervariasi agar siswa tidak jenuh dalam belajar, pihak sekolah : agar dapat menambah sarana dan prasarana sekolah yaitu media pembelajaran seperti infokus , buku paket IPS, dan lainnya.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Depositing User: | JULIAWATI HARAHAP |
Date Deposited: | 29 Jan 2018 03:25 |
Last Modified: | 29 Jan 2018 03:25 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2942 |
Actions (login required)
View Item |