Analisis Kemandirian Siswa Dalam Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Kelas X IPS SMA Negeri 8 Kota Jambi

WATI, EKA MELIA Analisis Kemandirian Siswa Dalam Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Kelas X IPS SMA Negeri 8 Kota Jambi. JURNAL Analisis Kemandirian Siswa Dalam Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Kelas X IPS SMA Negeri 8 Kota Jambi.

[img] Text
artikel.pdf

Download (153kB)

Abstract

ABSTRAK Wati, Eka Melia, 2017. “Analisis Kemandirian Siswa Dalam Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Kelas X IPS SMA Negeri 8 Kota Jambi”. Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi. Jurusan P.IPS FKIP Universitas Jambi, Pembimbing I Dra. Hj. May Maemunah, M.E, Pembimbing II Drs. Firman Khaidir, M.Si. Kata Kunci : Kemandirian Siswa Dalam Belajar Berdasarkan hasil observasi awal yang peneliti temukan di kelas X IPS SMA Negeri 8 Kota Jambi Tahun Ajaran 2016/2017 menunjukkan bahwa sebagian besar siswanya bisa dikatakan masih kurang mandiri di dalam belajarnya. Karena hasil yang diperoleh dari siswa tersebut belum pasti dari dirinya sendiri, melainkan hasil mencontek dari temannya. Dari 325 orang siswa hanya terdapat 22 orang siswa yang nilainya di atas KKM (85). Hal ini dikarenakan faktor-faktor yang mempengaruhi kemandirian belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemandirian siswa didalam belajar pada mata pelajaran Ekonomi di kelas X IPS SMA Negeri 8 Kota Jambi Tahun Ajaran 2016/2017. Populasi seluruh siswa kelas X IPS SMA Negeri 8 Kota Jambi yang berjumlah 325 siswa dan sampel sebesar 22 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara/interview, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Yang diwawancarai dalam penelitian ini yaitu sebanyak 22 orang siswa, 3 guru mata pelajaran dan 8 wali kelas X IPS SMA Negeri 8 Kota Jambi. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar siswanya masih kurang mandiri. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan kemandirian siswa dalam belajar pada mata pelajaran ekonomi di kelas X IPS SMA Negeri 8 Kota Jambi dalam belajarnya bisa dikatakan masih kurang mandiri. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini yaitu guru ekonomi hendaknya memberikan pengarahan dan penguatan bagaimana cara belajar yang baik, tentu anak itu harus bisa menangkap apa yang kita mau. kita mengarahkan ke siswa supaya lebih aktif lagi belajarnya di rumah maupun di sekolah dan mencari informasi materi pelajaran baik dari buku maupun dari internet.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: EKA MELIA WATI
Date Deposited: 29 Jan 2018 06:41
Last Modified: 29 Jan 2018 06:41
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2955

Actions (login required)

View Item View Item