PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TARI MENGGUNAKAN RANGSANGAN LAGU DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SEKOLAH DASAR

RIA, ENDAH RESTIKA PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TARI MENGGUNAKAN RANGSANGAN LAGU DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SEKOLAH DASAR. JURNAL PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TARI MENGGUNAKAN RANGSANGAN LAGU DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SEKOLAH DASAR.

[img] Text
ARTIKEL ILMIAH.pdf

Download (288kB)

Abstract

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TARI MENGGUNAKAN RANGSANGAN LAGU DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SEKOLAH DASAR Oleh ENDAH RESTIKA RIA Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusah Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Jambi ABSTRAK Restika R, Endah. 2017. “Pengembangan Bahan Ajar Tari melalui Rangsangan Lagu dalam Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah Dasar”. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing I. Dra. Hj. Destrinelli, M.Pd , Pembimbing II. Drs. Maryono, M.Pd Kata Kunci: Bahan Ajar, Rangsangan Lagu dan Kegiatan Ekstrakulikuler Seni Tari Guru merupakan ujung tombak pendidikan. Karena itu, guru sangat menentukan berhasil tidaknya proses pembelajaran. Salah satu upaya untuk menunjang pembelajaran yang berpusat pada siswa adalah dengan adanya suatu pengembangan sebuah media pembelajaran sehingga siswa dapat membangun sendiri pengetahuan dengan guru sebagai vasilitator. Salah satu bahan ajar yang dapat dikembangkan yaitu buku panduan guru dan siswa. Buku panduan yang dikembangkan mengacu pada tahap- tahap belajar yaitu meliputi tahap orientasi, tahap eksplorasi, tahap elaborasi, tahap konfirmasi dan penyajian kelompok. Dengan tahapan belajar tersebut dapat membangun pengetahuan melalui pengalaman , interaksi sosial, dan dunia nyata. Tugas guru adalah memvasilitasi proses tersebut dengan menjadikan pengetahuan bermakna dan relevan bagi siswa menemukan, dan menerapkan idenya dalam proses pembelajaran. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk membuat bahan ajar untuk mengefektifkan rangsangan lagu dalam kegiatan ekstrakulikuler seni tari. Serta mengetahui kemenarikan bahan ajar yang digunakan dalam proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan prosedur pengembangan ADDIE dengan tahap meliputi Analysis, Design, Development, Implementatition, dan Evalutation. Bahan ajar yang telah dibuat kemudian divalidasi oleh validator. Meliputi validasi ahli materi pembelajaran seni, dan validasi bahan ajar. Hasil validasi ahli materi pembelajaran seni diperoleh nilai rata-rata yaitu 92% maka produk ini termasuk dalam kategori “sangat baik” dan layak untuk diujicobakan. Hasil validasi ahli bahan ajar diperoleh nilai rata- rata yaitu 86% maka produk ini termasuk dalam kategori “sangat baik” dan layak untuk diujicobakan. Hasil uji coba perorangan menunjukkan rangsangan lagu yang diberikan sudah tercapai, hal ini terlihat siswa dapat mempraktekkan bentuk- bentuk gerak yang diberikan yaitu bentuk gerak kupu- kupu sedang terbang, menghisap madu dan hinggap dibunga. Dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa media bahan ajar yang digunakan untuk mengefektifkan rangsangan lagu dalam kegiatan ekstrakulikuler seni tari digunakan sebagai instrumen penunjang pembelajaran dan memiliki kemenarikkan dalam pembelajaran.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: ENDAH RESTIKA RIA
Date Deposited: 30 Jan 2018 01:12
Last Modified: 30 Jan 2018 01:12
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2962

Actions (login required)

View Item View Item