FRANCISCO SIMATUPANG, EKO (2021) Analisis Saluran Pemasaran Kopi Bubuk Hasil Agroindustri Di Desa Muara Madras Kecamatan Jangkat Kabupaten Merangin. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
Text
EKO FRANCISCO SIMATUPANG SKRIPSI (D1B017023).pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
cover.pdf Download (13kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (107kB) |
|
Text
BAB1.pdf Download (301kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (282kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (284kB) |
Abstract
ABSTRAK Eko Francisco Simatupang, Analisis Saluran Pemasaran Kopi Bubuk Hasil Agroindustri Di Desa Muara Madras Kecamatan Jangkat Kabupaten Merangin. dibimbing oleh Dr. Ir. Armen Mara, M,Si dan Endy Effran, S.P., M.Si. Penelitian ini bertujuan 1) Untuk menggambarkan lokasi pemasaran kopi bubuk Desa Muara Madras di Kabupaten Merangin dan luar Kabupaten Merangin. 2) Untuk mengetahui pola saluran pemasaran agroindustri kopi bubuk di Desa Muara Madras Kecamatan Jangkat Kabupaten Merangin. 3) Untuk mengetahui efisiensi saluran pemasaran kopi bubuk di Desa Muara Madras Kecamatan Jangkat Kabupaten Merangin. Penelitian ini dilaksanakan pada 21 Juni 2021 sampai 02 Juli 2021 dengan sumber data primer dan data sekunder. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini ialah analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif dengan sampel 3 agroindustri 19 pedagang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Sebaran lokasi pemasaran kopi bubuk Desa Muara Madras dari total sebaran pemasaran kopi bubuk 70 persen berada di Kabupaten Merangin yaitu Kecamatan Bangko dan sisanya dijual keluar Kabupaten Merangin, 2) Pemasaran kopi bubuk Desa Muara Madras terdiri dari 3 pola saluran pemasaran, yaitu : (I) agroindustri- konsumen akhir , (II) agroindustri – pedagang pengecer kecamatan – konsumen akhir , (III) agroindustri – pedagang pengecer desa – konsumen akhir. 3) Berdasarkan indikator efisiensi pemasaran dengan pendekatan marjin pemasaran, efisiensi pemasaran indeks efisiensi teknis (IET), dan indeks efisiensi ekonomis (IEE) yang telah dijelaskan diketahui bahwa dari ketiga agroindustri pola saluran pemasaran I (agroindustri – konsumen akhir ) lebih efisien dilihat dari marjin pemasaran pola pemasaran I lebih efisien karena tidak memiliki selisih harga antara agroindustri dan konsumen akhir dan berdasarkan efisiensi pemasaran indeks efisiensi teknis ( IET), dan indeks efisiensi ekonomis ( IEE) pola saluran pemaran I lebih efisien karena memiliki indeks efisiensi teknis lebih rendah (IET) dan indeks efisiensi ekonomis (IEE) lebih tinggi dari pola saluran pemasaran.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sebaran Pemasaran, Pola Saluran Pemasaran, Efisiensi Pemasaran, Kopi Bubuk |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | SIMATUPANG |
Date Deposited: | 28 Dec 2021 03:31 |
Last Modified: | 28 Dec 2021 03:31 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/29633 |
Actions (login required)
View Item |