Trirahayu, Indah and Sadikin, Ali and Anggereini, Evita (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Pada Materi Filum Nematoda Berbasis Android di SMA. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI_INDAH TRIRAHAYU (A1C417069).pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (332kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (352kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (173kB) |
![]() |
Text
COVER FIKS.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
PENGESAHAN.pdf Download (496kB) |
Abstract
Berdasarkan hasil wawancara guru biologi di SMAN 11 Kota Jambi diketahui bahwa pada materi Invertebrata guru mengalami kendala dalam penyampaian materi, karena aloksi jam pembelajaran yang terbatas sedangkan cakupan materinya sangat luas. Guru biologi mengatakan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam mengklasifikasikan contoh hewan filum Nematoda. Hal ini dikarenakna, selain filum Nematoda juga ada filum Platyhelminthes dan Annelida yang sama-sama membahas tentang jenis cacing. Akibatnya siswa ragu-ragu dalam mengklasifikasikan contoh hewan filum Nematoda. Fokus penelitian ini yaitu materi filum Nematoda. Selain itu, pada proses pembelajaran sebelumnya belum adanya media pembelajaran berupa aplikasi android yang membahas khusus materi filum Nematoda. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan media pembelajaran biologi pada materi filum Nematoda berbasis android. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model 4D. Instrumen yang digunakan yaitu angket wawancara, angket validasi, dan angket persepsi. Untuk mengetahui kelayakan media yang telah dikembangkan maka media divalidasi oleh ahli materi, ahli media. Selanjutnya, setelah media dinyatakan layak, maka media diujicobakan untuk mengetahui persepsi guru dan siswa. Data penelitian diperoleh dengan cara memberikan angket persepsi kepada guru biologi dan siswa kelas X MIA 1. Setelah angket dikembalikan, data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil validasi ahli materi mendapatkan skor sebesar 78.57%, validasi media sebesar 88.54%, persepsi guru sebesar 96.66%, hasil ujicoba siswa kelompok kecil sebesar 82.96%, dan hasil ujicoba siswa kelompok besar 94.7% dengan kategori “sangat baik”. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran biologi pada materi filum Nematoda berbasis android sudah layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran, filum Nematoda, Android. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Trirahayu |
Date Deposited: | 28 Dec 2021 02:46 |
Last Modified: | 28 Dec 2021 02:46 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/29655 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |