Pengembangan modul menggunakan pendekatan saintifik pada materi geometri kelas X SMA

Wahyudin, Wahyudin Pengembangan modul menggunakan pendekatan saintifik pada materi geometri kelas X SMA. JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA. (Unpublished)

[img] Text
RRA1C210045-ARTIKEL ILMIAH.pdf

Download (891kB)

Abstract

Modulmerupakan suatu hal yang dapat mendukung proses kegiatan belajar mengajar di dunia pendidikan. Modul dibuat menarik dan sistematis untuk membantu siswa memahami konsep materi yang diajarkan serta diharapkan mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan Modul menggunakan pendekatan scientificpada materi geometri kelas X SMA yang memiliki validitas yang baik menurut ahli serta untuk mengetahui efektifitas penggunaan lembar kerja siswa terhadap aktifitas belajar, respon setelah belajar dan tes hasil belajar siswa. Penelitian merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Desain, Development, Implementation and Evaluation). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) lembar validasi untuk ahli materi; (2) lembar validasi untuk ahli desain; (3) lembar tanggapan guru, (4) lembar tanggapan siswa, lembaran ini digunakan untuk menilai kevalidan modul; (5) lembar observasi aktivitas siswa; (6) lembar respon siswa; (7) lembar soal post-test, lembaran ini digunakan untuk melihat keefektifan pembelajaran menggunakan modul. Tahap pengembangan dilakukan kegiatan validasi modul oleh ahli dan kegiatan uji coba produk. Validasi dilakukan oleh satu orang ahli materi dan satu orang ahli desain dengan rerata skor validasi 3,65 pada kategori “baik”. Tahap uji coba produk yang melibatkan uji coba perorangan melalui dua orang guru matematika dengan hasil penilaian 4,56 pada kategori “sangat baik”, uji coba kelompok kecil melibatkan 5 siswa non subjek penelitian dengan hasil penilaian 4,20 pada kategori “sangat baik”, uji coba kelompok besar berjumlah 20 siswa non subjek dengan hasil penilaian 4,49 pada kategori “sangat baik”. Tahap implementasi dilaksanakan di kelas X SMA Negeri 1 Muko-Muko Bathin VII berjumlah 20 orang siswa. Hasil analisis observasi aktivitas siswa dalam pembelajaran adalah 80% dengan kategori “baik”. Analisis hasil tes akhir materi geometri diperoleh rerata nilai post-test sebesar 92,82 dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 80%, dan hasil rata-rata respon siswa terhadap penggunaan modul mencapai 79,4% pada kategori “baik”. Hasil penelitian menunjukkan proses pembelajaran modul menggunakan pendekatan scientific berjalan efektif.

Type: Article
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Depositing User: WAHYUDIN
Date Deposited: 30 Jan 2018 01:12
Last Modified: 30 Jan 2018 01:12
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2966

Actions (login required)

View Item View Item