Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Makroskopis, Submikroskopis dan Simbolik Pada Materi Elektrokimia Kelas XII IPA SMA Negeri 8 Kota Jambi

Dwi Yanti, Vhidya Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Makroskopis, Submikroskopis dan Simbolik Pada Materi Elektrokimia Kelas XII IPA SMA Negeri 8 Kota Jambi. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Makroskopis, Submikroskopis dan Simbolik Pada Materi Elektrokimia Kelas XII IPA SMA Negeri 8 Kota Jambi.

[img] Text
artikel lengkap(1).pdf

Download (725kB)

Abstract

Pengetahuan dan pemahaman dalam kimia terbagi dalam 3 level berbeda yakni makroskopis, submikroskopis dan simbolik sehingga diperlukan kemampuan siswa dalam memahami konsep. Untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam mempelajari ilmu kimia, maka dikembangkan media pembelajaran berbasis makroskopis, submikroskopis dan simbolik pada materi Elektrokimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan media pembelajaran berbasis makroskopis, submikroskopis dan simbolik serta mengetahui respon siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 8 Kota Jambi terhadap media pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadaptasi model pengembangan ADDIE. Ada 5 tahapan utama dalam penelitian ini terdiri dari tahap Analisis (Analysis) pada tahap ini dilakukan wawancara terhadap guru dan angket siswa,Desain (Design) pada tahap ini dilakukan dengan pembuatan flowchart, storyboard, dan pengumpulan animasi terhadap materi, Pengembangan (development) pada tahap ini dilakukan validasi oleh ahli desain pembelajaran, ahli materi dan ahli media serta penilaian oleh guru, Penerapan (implementation)pada tahap ini dilakukan uji coba kelompok kecil dan Evaluasi (Evaluation). Hasil penelitian diperoleh hasil respon siswa kelas XII SMAN 8 Kota Jambi didapat persentase sebesar 78,81%“baik” dan menyatakan bahwa respon siswa pada media pembelajaran berbasis makroskopis, submikroskopis dan simbolik pada materi elektrokimia baik dan tanggapan guru diperoleh hasil 4,5 (sangat baik) sehingga media yang dikembangkan layak untuk diujicobakan. Berdasarkan penelitian ini dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ini layak digunakan sebagai media pembelajaran kimia.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: VHIDYA DWI YANTI
Date Deposited: 30 Jan 2018 01:12
Last Modified: 30 Jan 2018 01:12
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2968

Actions (login required)

View Item View Item