KEPEMIMPINAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENUJU SEKOLAH UNGGUL DI MASA PANDEMI MELALUI PEMENUHAN SARANA DAN PRASARANA

Liantori, Beni and Yantoro, Yantoro and Sholeh, Muhammad (2021) KEPEMIMPINAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENUJU SEKOLAH UNGGUL DI MASA PANDEMI MELALUI PEMENUHAN SARANA DAN PRASARANA. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI BENI LIANTORI A1D118117.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (23kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN, PENGESAHAN.pdf

Download (59kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (30kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (105kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (36kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (36kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepemimpinan manajerial kepala sekolah meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, serta pengawasan dalam menuju sekolah unggul di masa pandemi melalui pemenuhan sarana dan prasarana. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 211/IX Mendalo Darat. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah. data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepala sekolah melakukan perencanaan terhadap sarana dan prasarana dengan menganalisis terlebih dahulu sarana dan prasarana yang dibutuhkan di masa pandemi, kemudian membuat daftar perkiraan biaya atau anggaran dana, serta memprioritaskan sarana dan prasarana sesuai kebutuhan di masa pandemi dibahas dengan dewan guru di forum rapat awal tahun, pengorganisasian dengan mengadakan rapat diawal tahun ajaran kemudian membentuk organisasi sesuai dengan ruangan masing-masing, kemudian menetapkan tugas dan tanggung jawab mereka masing-masing, lalu kepala sekolah melakukan pelaksanaan dengan inventarisasi, pendistribusian secara langsung kepada guru, pemakaian dengan sistem habis pakai dan tidak habis pakai dan pemeliharaan bersama-sama, pengawasan dilakukan secara langsung dengan berkeliling ke dalam kelas dan tidak langsung dengan penetapan dan penghapusan terhadap sarana yang benar-benar dibutuhkan dan yang tidak lagi dibutuhkan. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa keterampilan manajerial kepala sekolah melalui pemenuhan sarana dan prasarana sangat berpengaruh dalam menuju sekolah unggul di masa pandemi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Liantori
Date Deposited: 30 Dec 2021 03:04
Last Modified: 30 Dec 2021 03:04
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/29728

Actions (login required)

View Item View Item