Wulandari, Septiani (2021) Analisis Kesalahan Kontruksi Konsep Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar dan Berdasarkan Pemberian Scaffolding. S2 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
TESIS FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
ABSTRACT B.INGGRIS.pdf Download (152kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK B.INDO.pdf Download (152kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (239kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (153kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (174kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (227kB) |
Abstract
ABSTRAK Septiani Wulandari. 2021 Analisis Kesalahan Kontruksi Konsep pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar berdasarkan Pemberian Scaffolding. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Universitas Jambi, Pembimbing (1) Drs. Kamid, M.Si. Pembimbing (II) Dr. Haryanto, M.Kes. Kata Kunci : Kesalahan Kontruksi Konsep, Materi Bangun Ruang Sisi Datar, Pemberian Scaffolding. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan kontruksi konsep pada materi bangun ruang sisi datar berdasarkan pemberian scaffolding. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Dalam menentukan subjek penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan memilih dan memilah subjek yang memenuhi kreteria yang telah ditentukan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII, subjek penelitian ini berjumlah 3 orang. Pengelompokkan didasarkan nilai ulangan materi bangun ruang sisi datar lalu peneliti mengolah data tersebut dengan cara mengelompokkan berdasarkan kemampuan matematika siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian pada analisis kesalahan kontruksi konsep pada materi bangun ruang sisi datar dan berdasarkan pemberian scaffolding yaitu Berdasarkan indikator kesalahan kontruksi konsep, kesalahan untuk indikator pseudo contruction “benar” kesalahan terjadi pada SE1 dan SE2. Untuk indikator pseudo contruction “salah hanya terjadi pada SE2. Untuk indikator lubang kontruksi terjadi pada semua subjek. Untuk indikator mis-analogical contruction dan indikator mis-logical contruction hanya terjadi pada SE3. Pada indikator pseudo contruction “benar” dan pseudo contruction “salah” kesalahan dikarenakan siswa kurang teliti dalam proses mengerjakan soal. Pada lubang kontruksi kesalahan dikarenakan siswa belum memahami kontruksi konsep. Sedangkan pada indikator mis-analogical contruction kesalahan dikarenakan siswa salah dalam menentukan rumus yang sesuai. Pada indikator mis-logical contruction kesalahan dikarenakan siswa kurang teliti dalam menghitung. Untuk kesalahan kontruksi konsep pada indikator pseudo contruction “Benar” seperti yang terjadi pada SE1 dan SE2 scaffolding yang sesuai adalah tahap conceptual development. Untuk indikator pseudo contruction “Salah” seperti yang terjadi pada SE1 scaffolding yang sesuai adalah tahap conceptual development. Untuk indikator lubang kontruksi seperti yang terjadi pada semua subjek scaffolding yang sesuai adalah tahap Explaining. Untuk indikator mis-analogical contruction seperti yang terjadi pada SE3 scaffolding yang sesuai adalah tahap restructuring. Untuk indikator mis-logical contruction seperti yang terjadi pada SE3 scaffolding yang sesuai adalah tahap Reviewing. ABSTRACT Septiani Wulandari. 2021 Analysis of Conceptual Construction Errors in Flat Side Spatial Building Materials based on Scaffolding. Thesis. Master of Mathematics Education Study Program, Jambi University, Supervisor (1) Drs. Kamid, M.Si. Supervisor (II) Dr. Haryanto, M.Kes. Keywords: Concept Construction Errors, Flat Side Space Building Materials, Scaffolding. This study aims to analyze the construction errors of concepts in the flat-sided building material based on the provision of scaffolding. This type of research is descriptive qualitative research. In determining the subject of this study using a purposive sampling technique by selecting and sorting subjects who meet predetermined criteria. The research subjects were students of class VIII, the subjects of this study amounted to 3 people. The grouping is based on the test scores of the flat-sided wake-up material then the researcher processes the data by grouping it based on the students' mathematical abilities. Data collection techniques were carried out by tests and interviews. Data analysis was carried out by data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results of the research on the analysis of concept construction errors in the flat-sided building material and based on the provision of scaffolding, namely Based on the concept construction error indicator, errors for the "correct" pseudo construction indicator errors occurred in SE1 and SE2. For the pseudo construction indicator “false only occurs on SE2. For the construction hole indicator occurs in all subjects. For indicators of mis-analogical construction and indicators of mis-logical construction only occur in SE3. In the indicator pseudo construction "true" and pseudo construction "wrong" the error is because students are not careful in the process of working on the problem. In the construction hole, the error is because students do not understand the construction of the concept. Meanwhile, in the mis-analogical construction indicator, the error was caused by the student being wrong in determining the appropriate formula. In the mis-logical construction indicator, the error is due to students being less careful in counting. For concept construction errors in the "True" pseudo construction indicator as happened in SE1 and SE2, the appropriate scaffolding is the conceptual development stage. For the pseudo construction indicator "False" as happened in SE1 scaffolding, the appropriate scaffolding is the conceptual development stage. For the construction hole indicator as it happens in all scaffolding subjects, the appropriate stage is the Explaining stage. For indicators of mis-analogical construction as happened in SE3 scaffolding, the appropriate step is the restructuring stage. For indicators of mis-logical construction as happened in SE3 scaffolding, the appropriate stage is the Reviewing stage.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesalahan Kontruksi Konsep, Materi Bangun Ruang Sisi Datar, Pemberian Scaffolding |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Wulandari |
Date Deposited: | 07 Jan 2022 06:50 |
Last Modified: | 07 Jan 2022 06:50 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/29735 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |