PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK INTERAKTIF BERBASIS HOTS PADA TEMA 7 SUBTEMA 1 DI KELAS 1 SEKOLAH DASAR

Boru Silalahi, Mesi Pradrya (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK INTERAKTIF BERBASIS HOTS PADA TEMA 7 SUBTEMA 1 DI KELAS 1 SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

[img] Text
Skripsi Full Mesi Pradrya Br Silalahi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (22kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan dan Pengesahan.pdf

Download (475kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (408kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (188kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (306kB)

Abstract

ABSTRAK Silalahi, Mesi Pradrya. 2021. Pengembangan Lembar Kerja Interaktif Berbasis HOTS pada Tema 7 Subtema 1 di Kelas 1 Sekolah Dasar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr.Dra.Destrinelli,M.Pd., (II) Suci Hayati S.Pd.,M.Pd Kata Kunci: LKPD Interaktif, HOTS. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan prosedur mengembangkan lembar kerja peserta didik (LKPD) interaktif berbasis HOTS (2) Mendeskripsikan tingkat validitas lembar kerja peserta didik (LKPD) interaktif berbasis HOTS dan (3) Mendeskripsikan kepraktisan dari lembar kerja peserta didik (LKPD) interaktif berbasis HOTS. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan produk berupa bahan ajar pendukung yakni LKPD Interaktif berbasis HOTS pada tema 7 subtema 1 di Kelas 1 Sekolah Dasar. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE (analysis, design, development or product, implementation or Delivery and Evaluation). Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 66/IV Kota Jambi. Data penelitian ini diperoleh dari validasi materi, validasi pembelajaran dan validasi bahasa. Selain itu, data penelitian juga diperoleh dari angket respon pendidik serta wawancara dan observasi peserta didik untuk melihat kepraktisan dari LKPD Interaktif berbasis HOTS yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji coba validasi dari penilaian ahli materi mendapat persentase sebesar 96,6% dengan kategori sangat valid, penilaian ahli pembelajaran mendapat persentase sebesar 100% dengan kategori sangat valid serta penilaian ahli bahasa mendapat persentase sebesar 97,8% dengan kategori sangat valid. Penilaian dari respon guru mendapat persentase sebesar 93,3% dengan kategori sangat praktis. Serta penilaian kepraktisan dari peserta didik dilakukan dengan wawancara dan observasi pada uji coba kelompok yang telah dilakukan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKPD Interaktif berbasis HOTS pada tema 7 subtema 1 di Kelas 1 Sekolah Dasar dapat digunakan dalam pembelajaran di sekolah.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: SILALAHI
Date Deposited: 30 Dec 2021 06:56
Last Modified: 30 Dec 2021 06:56
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/29736

Actions (login required)

View Item View Item