PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN NOTEPAD++ PADA MATERI PROTOZOA UNTUK KELAS X SMA

AMTHARI, WINDA and BUDIARTI, RETNI SULISTIONING and HARLIS, HARLIS PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN NOTEPAD++ PADA MATERI PROTOZOA UNTUK KELAS X SMA. UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Artikel Ilmiah (Winda Amthari).pdf

Download (747kB)

Abstract

Bahan ajar merupakan salah satu bagian penting dalam proses pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru untuk memudahkan peserta didik dalam memahami materi pembelajaran. Lembar Kerja Peserta didik (LKPD) merupakan salah satu bahan ajar yang dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Perkembangan teknologi mendorong inovasi terhadap dunia pendidikan termasuk dalam pembuatan bahan ajar seperti LKPD. Salah satu bentuk pemanfaatan teknologi yang dapat digunakan untuk pembuatan bahan ajar adalah website. Bahan ajar seperti LKPD berbasis website dapat dirancang dengan menarik dan bersifat fleksibel karena memiliki jangkauan akses yang luas sehingga dapat mengatasi terbatasnya ruang dan waktu dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis website menggunakan Notepad++ pada materi Protozoa, mengetahui kelayakan LKPD berbasis website yang dikembangkan dan mengetahui persepsi guru serta peserta didik terhadap LKPD berbasis website menggunakan Notepad++ pada materi Protozoa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari tahap analysis, design, development, implementation dan evaluation. Subjek ujicoba pada penelitian ini adalah 2 orang guru biologi dan ujicoba kelompok kecil yang terdiri atas 12 orang peserta didik di SMAN 2 Kota Jambi. Jenis data pada penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif yang diperoleh dari instrumen pengumpulan data berupa angket. Hasil validasi oleh ahli materi diperoleh persentase 96,88% dengan kategori sangat baik dan hasil validasi oleh ahli media diperoleh persentase 98,21% dengan kategori sangat baik. Hasil ujicoba pada persepsi guru biologi diperoleh persentase 95,83% dengan kategori sangat baik dan hasil ujicoba untuk melihat persepsi peserta didik diperoleh persentase 92,53% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis website yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat baik sehingga layak digunakan sebagai bahan ajar dalam memahami materi Protozoa untuk peserta didik kelas X SMA.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Winda Amthari
Date Deposited: 30 Jan 2018 01:12
Last Modified: 30 Jan 2018 01:12
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2974

Actions (login required)

View Item View Item