“Strategi Guru Dalam Membelajarkan Keterampilan Literasi Sains Kelas Tinggi di Sekolah Dasar”

Donalisa, Donalisa (2021) “Strategi Guru Dalam Membelajarkan Keterampilan Literasi Sains Kelas Tinggi di Sekolah Dasar”. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
SKRIPSI_DONALISA_A1D118080.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
COVER DLL.pdf

Download (461kB)
[img] Text
6. Abstrak.pdf

Download (185kB)
[img] Text
11. BAB I OK.pdf

Download (315kB)
[img] Text
14. BAB IV OK.pdf

Download (832kB)
[img] Text
15. BAB V OK.pdf

Download (194kB)
[img] Text
17. Lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (406kB)
[img] Text
18. Riwayat Hidup.pdf

Download (213kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Strategi yang diterapkan guru dalam membelajarkan keterampilan literasi sains kelas tinggi di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi dengan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru menerapkan strategi membelajarkan keterampilan literasi sains melalui aspek indikator keterampilan literasi sains yaitu mengetahui, memahami dan memaknai atas beberapa tahapan dalam pembelajaran yaitu: (1) Tahap persiapan, yaitu dalam tahap ini guru merencanakan dan mempersiapkan segala sesuatunya yang diperlukan dalam proses pembelajaran muatan pelajaran IPA yang didalamnya dibelajarkan keterampilan literasi sains. Hal yang dipersiapkan mulai dari RPP, media pembelajaran, LKPD dan seluruh perangkat pembelajaran. (2) Tahap pelaksanaan, pada tahap ini guru melaksanakan apa yang sudah direncanakan dan dipersiapkan sebelumnya. Guru menerapkan metode pembelajaran yang sudah dirancang untuk membelajarkan keterampilan literasi sains melalui proses pembelajaran muatan pelajaran IPA seperti dengan metode tanya jawab, diskusi dan percobaan lansung. Guru juga menggunakan media pembelajaran seperti video pembelajaran, power point dan alat peraga serta guru juga melakukan proses pembelajaran dengan pemanfaatan lingkungan sekitar untuk membelajarkan aspek indikator keterampilan literasi sains yaitu mengetahui, memahami dan memaknai dalam proses pembelajaran muatan pelajaran IPA. (3) Evaluasi Hasil, dalam tahap ini dari proses membelajarkan keterampilan literasi sains guru melihat bagaimana pemahaman peserta didik terhadap aspek indikator literasi sains yang telah dibelajarkan yaitu bagaimana peserta didik mengetahui, memahami dan memaknai sesuatu dalam keseharian mereka agar dapat menjadi perbaikan dalam membelajarkan keterampilan literasi sains melalui proses pembelajaran muatan pelajaran IPA selanjutnya. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini yaitu guru kelas IV C, V C, dan VI C SD Negeri 47/IV Kota Jambi telah melaksanakan strategi keterampilan literasi sains melalui proses pembelajran muatan pelajaran IPA melalui tahapan persiapan, pelaksanaan dan evaluasi hasil. Pada tahapan tersebut peserta didik dibelajarkan aspek indikator keterampilan literasi sains yaitu mengetahui, memahami dan memaknai.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: DONALISA
Date Deposited: 06 Jan 2022 06:47
Last Modified: 06 Jan 2022 06:47
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/29749

Actions (login required)

View Item View Item