PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN NOTEPAD++ PADA MATERI BAKTERI UNTUK KELAS X SMA

PRADITA, DIAN and BUDIARTI, RETNI SULISTIONING and HARLIS, Hj PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN NOTEPAD++ PADA MATERI BAKTERI UNTUK KELAS X SMA. UNIVERSITAS JAMBI. (Unpublished)

[img] Text
ARTIKEL-Dian Pradita (RSA1C412012).pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan menjadi dasar bagi perkembangan dan kemajuan kehidupan manusia sehingga digunakan sebagai jalan bagi peserta didik untuk mengembangkan potensi dirinya melalui proses pembelajaran. Keberhasilan proses dalam kegiatan pembelajaran turut dipengaruhi oleh bahan ajar yang dipakai. Salah satu bahan ajar yang bisa digunakan adalah LKPD. Pemanfaatan LKPD berbasis website menjadi pilihan menarik untuk digunakan dalam pembelajaran, jangkauan aksesnya luas serta dapat mengatasi keterbatasan ruang dan waktu. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis website menggunakan Notepad++ pada materi bakteri untuk kelas X SMA, mengetahui kelayakan bahan ajar yang dikembangkan, dan mengetahui persepsi guru dan peserta didik terhadap LKPD berbasis website pada materi bakteri. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE dengan tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek ujicoba yaitu 2 orang guru dan 12 orang peserta didik di SMA Negeri 8 Kota Jambi. Data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil validasi oleh ahli materi diperoleh persentase 95,31% dengan kategori sangat baik dan hasil validasi oleh ahli media diperoleh persentase 93,75% dengan kategori sangat baik. Persepsi dari 2 orang guru mata pelajaran Biologi yang masing-masing diperoleh persentase 83,33% dan 91,67% dengan kategori sangat baik. Hasil persepsi dari ujicoba pada peserta didik diperoleh persentase 89,58% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis website menggunakan Notepad++ pada materi bakteri yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat baik, sehingga dapat digunakan sebagai alternatif bahan ajar untuk membantu peserta didik mempelajari dan memahami materi bakteri.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: DIAN PRADITA
Date Deposited: 30 Jan 2018 01:12
Last Modified: 30 Jan 2018 01:12
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2976

Actions (login required)

View Item View Item