ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KESULITAN BERHITUNG SISWA DI KELAS I SEKOLAH DASAR

hayati, asih (2022) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KESULITAN BERHITUNG SISWA DI KELAS I SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (32kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan, Halaman Pengesahan.pdf

Download (323kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (310kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (190kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (409kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor kesulitan berhitung siswa di kelas I Sekolah Dasar di SDN 55/I Sridadi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 55/I Sridadi pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Jenis penelitian ini untuk mendeskripsikan faktor-faktor kesulitan berhitung siswa di kelas I dan juga cara guru dalam mengatasi kesulitan tersebut. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji validitas yang digunakan yaitu validitas teknik dan validitas sumber. Teknik analisis data menggunakan analisis data model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini berupa faktor-faktor kesulitan berhitung siswa yang meliputi faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal berupa sikap malas, kecerdasan, kesehatan tubuh, konsentrasi belajar, dan motivasi belajar. Adapun faktor eksternal berupa variasi mengajar guru, media pembelajaran, dan lingkungan keluarga. Cara guru mengatasi kesulitan-kesulitan berhitung yang dialami oleh siswa yaitu dengan menggunakan alat bantu lidi, menggunakan alat bantu sempoa, dan menggunakan jarimatika. Berdasarkan hasil penelitian yang telah didapatkan disarankan agar guru dapat lebih memahami kondisi siswa, termasuk faktor-faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam berhitung. Guru juga harus mampu mengatasi kesulitan siswa dengan cara yang tepat, termasuk dalam cara mengajar. Guru dalam mengajar sebaiknya menggunakan media-media atau alat peraga yang ada di sekolah maupun yang ada di lingkungan sekolah, dengan begitu siswa akan lebih mudah dalam memahami materi yang diajarkan.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: HAYATI
Date Deposited: 03 Jan 2022 07:10
Last Modified: 03 Jan 2022 07:10
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/29762

Actions (login required)

View Item View Item