SAPUTRI, VIONI KEMAMPUAN MENULIS CERITA FANTASI DENGAN MODEL MIND MAPPING KELAS VII-2 SMP NEGERI 21 BATANGHARI TAHUN AJARAN 2017/2018. KEMAMPUAN MENULIS CERITA FANTASI DENGAN MODEL MIND MAPPING KELAS VII-2 SMP NEGERI 21 BATANGHARI TAHUN AJARAN 2017/2018. (Submitted)
![]() |
Text
ARTIKEL_VIONI SAPUTRI.pdf Download (276kB) |
Abstract
ABSTRAK Saputri, Vioni. 2018. Kemampuan Menulis Cerita Fantasi dengn Model Mind Mapping Kelas VII-2 SMP Negeri 21 Batanghari Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Pembimbing (I) Dr. Maizar Karim, M. Hum. (II) Drs. Eddy Pahar H., M. Pd. Kata kunci : Menulis, Cerita fantasi, Model Mind Mapping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis cerita fantasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia dengan model mind mapping kelas VII-2 SMP Negeri 21 Batanghari Tahun Ajaran 2017/2018. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini ialah siswa kelas VII-2 SMP Negeri 21 Batanghari tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah 32 siswa. Adapun data penelitian ini adalah kemampuan menulis cerita fantasi dengan model mind mapping kelas VII-2 SMP Negeri 21 Batanghari. Sumber data penelitian adalah hasil menulis cerita fantasi. Instrumen dalam penelitian ini ialah tes menulis cerita fantasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan teknik pengukuran. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi penilaian hasil kerja siswa yang dinilai oleh 2 penilai yaitu penilai 1 dan penilai 2 disertai dengan menghitung rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran guru berjalan dengan baik. Nilai rata-rata kemampuan menulis cerita fantasi siswa pada aspek struktur 87,8 dengan kategori sangat mampu, pada aspek ciri kebahasaan 74,3 dengan kategori mampu, dan pada aspek ciri umum 79,6 tergolong pada kategori mampu. Nilai rata-rata keseluruhan 80,8125 berada pada interval 61-80,99 tergolong kategori mampu. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis cerita fantasi dengan model Mind Mapping berada pada kategori mampu. Saran untuk penelitian ini yaitu 1) agar siswa kelas VII-2 dapat meningkatkan kemampuan menulisnya agar hasil yang diperoleh lebih baik lagi. 2) agar guru SMPN 21 Batanghari dapat menggunakan model pembelajaran yang mudah dan sesuai materi dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. 3) agar peneliti lain dapat memanfaatkan skripsi ini menjadi sumber rujukan.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Depositing User: | VIONI SAPUTRI |
Date Deposited: | 31 Jan 2018 01:07 |
Last Modified: | 31 Jan 2018 01:07 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2984 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |