Pengembangan Game Edukasi Menggunakan Software Construct 2 Berbantuan PhET Simulation untuk Meningkatkan Kemampuan Kreatif dalam Matematika

Arisandy, Debby (2021) Pengembangan Game Edukasi Menggunakan Software Construct 2 Berbantuan PhET Simulation untuk Meningkatkan Kemampuan Kreatif dalam Matematika. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
TESIS DEBBY ARISANDY (NIM. P2A917033).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
0. COVER.pdf

Download (56kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN, PENGESAHAN, DAN PERNYATAAN.pdf

Download (340kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (179kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (154kB)
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (104kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dalam matematika adalah tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini. Namun dalam pembelajaran matematika, kemampuan berpikir kreatif siswa saat ini masih rendah. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dalam matematika yaitu menyediakan media pembelajaran yang menarik bagi siswa. Selain itu media pembelajaran yang diharapkan adalah media pembelajaran yang mudah diakses oleh siswa. Saat ini sebagian besar siswa menggunakan smartphone dan sudah sangat ahli dalam menggunakannya. Hal tersebut yang menjadi latar belakang dikembangkannya Game Edukasi menggunakan Software Construct 2 berbantuan PhET Simulation sebagai media pembelajaran yang ditujukan untuk memfasilitasi siswa meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Proses pengembangan menggunakan model ADDIE dengan tahapan: (1) tahapan alisis mencakup; analisis masalah, analisis materi, analisis kebutuhan, analisis siswa, analisis sumber daya, membuat rencana kerja, (2) tahap desain meliputi; desain produk, evaluasi formatif desain dengan memvalidasi produk kepada ahli, (3) tahap pengembangan meliputi; uji coba perorangan dan uji coba kelompok, (4) tahap implementasi meliputi; melaksanakan pembelajaran di kelas, melakukan tes kemampuan berpikir kreatif, memberikan angket persepsi siswa, dan (5) tahap evaluasi. Instrumen penelitian terdiri dari lembar validasi media dan materi, angket penilaian guru dan siswa, instrumen tes kemampuan berpikir kreatif, dan angket persepsi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran game edukasi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dalam matematika yang dikembangkan valid dengan penilaian ahli media yang menyatakan bahwa media valid. Game edukasi yang dikembangkan praktis dengan rerata skor angket penilaian guru yaitu 3,78 dari skor maksimal 5 dengan klasifikasi baik, rerata skor angket penilaian siswa yaitu 4,12 dari skor maksimal 5 dengan klasifikasi baik. Game edukasi yang dikembangkan efektif ditinjau dari hasil pre-test dan post-test kemampuan berpikir kreatif siswa diperoleh skor peningkatan sebesar 0,67 dengan kriteria peningkatan sedang dan dari hasil persepsi siswa diperoleh rata-rata persentase persetujuan tertinggi adalah pada kategori setuju untuk setiap indikatornya. Jadi dari hasil diatas, disimpulkan bahwa media Game Edukasi Menggunakan Software Construct 2 Berbantuan PhET Simulation untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif dalam Matematika memenuhi kualitas media yang valid, praktis, dan efektif Improving the ability to think creatively in mathematics is the goal of this research. However, in learning mathematics, students' creative thinking skills are currently still low. One way that can be done to improve creative thinking skills in mathematics is to provide interesting learning media for students. In addition, the expected learning media is learning media that is easily accessible by students. Currently, most students use smartphones and are very skilled at using them. This is the background for the development of educational games using Software Construct 2 assisted by PhET Simulation as a learning medium aimed at facilitating students to improve their creative thinking skills. This type of research is development research. The development process uses the ADDIE model with stages: (1) the analysis phase includes; problem analysis, material analysis, needs analysis, student analysis, resource analysis, making work plans, (2) the design phase includes; product design, formative evaluation of design by validating the product to experts ,, (3) the development stage includes; individual trials and group trials, (4) implementation stages include; carry out classroom learning, test creative thinking skills, provide a student questionnaire perception, and (5) evaluation phase. The research instrument consisted of media and material validation sheets, teacher and student assessment questionnaires, creative thinking ability test instruments, and student perception questionnaires. The results showed that the educational game learning media to improve creative thinking skills in mathematics developed was valid with the assessment of media experts who stated that the media was valid. The educational game that was developed was practical with the average score of the teacher's assessment questionnaire which was 3.78 out of a maximum score of 5 with good classification, the average score of the student assessment questionnaire was 4.12 out of a maximum score of 5 with good classification. The educational game that was developed was effective in terms of the results of the pre-test and post-test of students' creative thinking skills, an increase score of 0.67 was obtained with moderate improvement criteria and from the results of students' perceptions, the highest average percentage of approval was in the agree category for each indicator. So from the above results, it is concluded that the educational game media using Construct 2 Software with the help of PhET Simulation to Improve Creative Thinking Skills in Mathematics meets the quality of valid, practical, and effective media.

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Matematika, Game Edukasi, Software Construct 2, PhET Simulation
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: ARISANDY
Date Deposited: 05 Jan 2022 02:40
Last Modified: 05 Jan 2022 02:40
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/29847

Actions (login required)

View Item View Item