EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATA KULIAH KEBIDANAN DAN GANGGUAN REPRODUKSI DENGAN IMPLEMENTASI CASE METHOD

Rosadi, Bayu and Maksudi, Maksudi and Rahayu, Pudji EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATA KULIAH KEBIDANAN DAN GANGGUAN REPRODUKSI DENGAN IMPLEMENTASI CASE METHOD. [Eksperiment] (Unpublished)

[img] Text
Laporan akhir.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari efek implementasi case method terhadap proses dan hasil pembelajaran mata kuliah Kebidanan dan Gangguan Reproduksi. Penelitian ini memakai pendekatan campuran kuantitatif dan kualitatif. Dimensi kuantitatif difokuskan pada kajian dampak secara klasikal sedangkan dimensi kualitatif ditujukan pada proses perkuliahan (Creswell and Guetterman, 2019). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan (action research) menurut petunjuk Rusdi (2020). Fokus penelitian adalah pada perubahan pada tindakan dosen, tindakan belajar mahasiswa, dan penciptaan lingkungan yang kondusif. Case method dilakukan dalam 15 siklus. Setiap pertemuan/satu siklus akan diberikan penjelasan teori dan penugasan case method melalui penayangan video pembelajaran singkat 7-10 menit. Selanjutnya mahasiswa akan melakukan diskusi dalam kelompok kecil (3 orang) dilajutkan diskusi kelas untuk membahas jawaban dari kasus yang diberikan setiap sesi. Pembelajaran dilaksanakan menggunakan platform e-learning berbasis Moodle. Penelitian membahas 5 kasus yaitu : Sapi Kepala Dua (Gangguan Perkembangan Kongenital), Prolapsus (Keluarnya bagian dalam saluran reproduksi sehingga terekspos keluar), distokia (kesulitas melahirkan), abortus (keguguran), penyakit reproduksi (infertilitas). Penerapan case method meningkatkan antusiasisme belajar mahasiswa, menciptakan suasana belajar yang supportif dan meningkatkan hasil balajar mahasiswa pada mata kuliah Kebidanan dan Gangguan Reproduksi Prodi DIII Kesehatan Hewan Universitas Jambi.

Type: Eksperiment
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Rosadi
Date Deposited: 20 Oct 2022 07:02
Last Modified: 20 Oct 2022 07:02
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/29884

Actions (login required)

View Item View Item