PEMANFAATAN GREEN HOUSE SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA MUATAN PELAJARAN IPA SEKOLAH DASAR

Prasetiawan, Fajar and Suhandi, AndI and Pamela, Issaura Sherly (2021) PEMANFAATAN GREEN HOUSE SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA MUATAN PELAJARAN IPA SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
Cover saja.pdf

Download (18kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (26kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (10kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (133kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (121kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (18kB)

Abstract

Permasalahan ini dilatarbelakangi oleh pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar digunakan untuk mengoptimalkan pembelajaran dan untuk memperkaya bahan ajar dan kegiatan peserta didik di sekolah. Sumber belajar tidak memerlukan modal yang banyak untuk digunakan oleh pendidik, akan tetapi pendidik dapat memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar, karena yang terpenting adalah membuat peserta didik nyaman dan tujuan pembelajaran tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan green house sekolah sebagai sumber belajar pada muatan pelajaran IPA sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi langsung, wawancara tidak terstruktur, dan dokumentasi. Uji validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru menggunakan langkah-langkah pembelajaran dalam memanfaatkan green house sekolah sebagai sumber belajar yaitu; Kegiatan perencanaan antara lain: membuat RPP, mempersiapkan alat/bahan, seperti lembar pengamatan, kertas untuk membuat laporan dan pena. Kegiatan pelaksanaan dimulai dengan guru menjelaskan materi yang terdapat pada buku siswa tentang bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya, kemudian guru melakukan tanya jawab seputar materi yang dijelaskan. Siswa diminta untuk saling berdiskusi dengan teman sebaya dan menjawab pertanyaan di buku siswa, beberapa siswa diminta oleh guru untuk membacakan hasil diskusinya. Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok dan guru kemudian membagikan lembar pengamatan yang akan diisi serta memberikan arahan dan bimbingan kepada siswa untuk melakukan pengamatan pada green house. Selain itu juga siswa dapat mempelajari manfaat dari peduli dan melestarikan sumber daya alam dan lingkungan serta contoh kegiatan peduli dan melestarikan sumber daya alam dan lingkungan. Setelah pengamatan, pembelajaran kembali dilakukan di dalam kelas untuk membuat laporan pengamatan dan mempresentasikkannya. Kegiatan penutup dilaksanakan guru dengan melakukan refleksi dan tindak lanjut mengenai materi yang sudah dipelajari. Setelah pembelajaran selesai, maka pembelajaran ditutup dengan salam dan membaca doa bersama-sama. Kegiatan evaluasi, guru memberikan penegasan konsep-konsep yang lebih baik agar siswa memahami materi dengan baik. Pengelolaan terhadap waktu pembelajaran juga menjadi evaluasi untuk kegiatan berikutnya dan harus sesuai dengan alokasi waktu yang telah direncanakan.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: PRASETIAWAN
Date Deposited: 10 Jan 2022 06:34
Last Modified: 10 Jan 2022 06:34
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/29897

Actions (login required)

View Item View Item