PERLINDUNGAN HUKUM HAK CIPTA PERMAINAN VIDEO TERHADAP TINDAKAN PEMBAJAKAN MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 28 TAHUN 2014 TENTANG HAK CIPTA

Adiyoes, Nanda (2022) PERLINDUNGAN HUKUM HAK CIPTA PERMAINAN VIDEO TERHADAP TINDAKAN PEMBAJAKAN MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 28 TAHUN 2014 TENTANG HAK CIPTA. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (436kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (154kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (71kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (449kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (13kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (146kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (655kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

PERLINDUNGAN HUKUM HAK CIPTA PERMAINAN VIDEO TERHADAP TINDAKAN PEMBAJAKAN MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 28 TAHUN 2014 TENTANG HAK CIPTA Oleh : Nanda Adiyoes B10014166 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa bagaimana pengaturan mengenai hak cipta permainan video dan bagaimana perlindungan hukum terhadap hak cipta permainan video menurut Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian yudiris normatif. Hasil penelitian ini diantaranya: 1) Pengaturan mengenai hak cipta permainan video sebenarnya sudah diatur akan tetapi belum secara penuh mengakomodasi terhadap perkembangan teknologi dan informasi yang sangat cepat dan pesat, serta tidak jelasnya aturan mengenai pengertian dasar permainan video jenis dan klasifikasi serta hal yang membedakan permainan video dan program komputer itu sendiri. Dengan melihat banyaknya jenis dan pembajakan permainan video maka diperlukan adanya pembaharuan aturan sesuai dengan perkembangan yang terjadi untuk melindungi pencipta dan pemegang hak cipta untuk menjamin adanya kepastian hukum. 2) Perlindungan hukum yang dapat dilakukan untuk melindungi hak cipta permainan video dengan cara menggunakan sistem teknologi pengaman atau bisa juga disebut dengan istilah Digital Right Management (DRM), sistem ini digunakan untuk membatasi pengguna dalam mengakses dan menggunakan karya cipta. Upaya dan tindakan yang dapat ditempuh apabila terjadinya sengketa dapat berupa penindakan secara Perdata, Pidana maupun melalui Alternatif Penyelesaian Sengketa melalui jalur non litigasi. Kata Kunci: Perlindungan Hukum, Permainan Video, Pembajakan.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum, Permainan Video, Pembajakan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: ADIYOES
Date Deposited: 06 Jan 2022 07:35
Last Modified: 06 Jan 2022 07:35
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/29934

Actions (login required)

View Item View Item