FRANS MALAU, MANDO (2021) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 11 MUARO JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (98kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (129kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (232kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (88kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (164kB) |
Abstract
ABSTRAK Malau, Mando Frans, 2021. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 11 Muaro Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. M Salam, M.Si., (II) Heri Usmanto, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Motivasi, Hasil Belajar. Hasil observasi awal menunjukkan beberapa masalah pada rendahnya Motivasi belajar siswa di sekolah, Masalah yang dimaksud yaitu siswa tidak memiliki motivasi dan semangat belajar yang tinggi terhadap pembelajaran PPKn, baik itu sewaktu online maupun ofline, siswa tidak mengumpulkan tugas tepat waktu, siswa tidak masuk sekolah pada saat pembelajaran offline, siswa tidak mengumpulkan tugas pada saat belajar daring maupun luring, dan siswa tidak mengikuti ujian pada saat mid. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar yang dilaksanakan di sekolah Jambi terutama pada kelas XI IPS. Penelitian ini termasuk penelitian murni, yang menggunakan metode kuantitaif regresi sederhana. . Konsep penelitian ini terdiri dari tiga komponen yaitu:pengumpulan data, pengolahan data dengan menguji validitas data,dan analisis data. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 11 Muaro Jambi. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XI IPS SMA Negeri 11 Muaro Jambi. Hasil penelitian menunjukkan bahawa motivasi belajar yang menjadi variable X dapat mempengaruhi hasil belajar yang menjadi variable Y, Berdasarkan nilai signifikansi : dari table Coefficien diperoleh nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0.05, sehingga dapat disimpulkan bahwa variable Motivasi Belajar (X) berpengaruh terhadap variable Hasil Belajar (Y), pengaruh variable bebas (Motivasi belajar)terhadap variable terikat (Hasil belajar) adalah sebesar 6,27%, Koefisien regresi X sebesar 0,420 menyatakan bahwa setiap penambahan 1% nilai Motivasi maka nilai partisipasi bertambah sebesar 0,420 . Koefisien regresi tersebut bernilai positif. Sehingga dapat dikatakan bahwa arah pengaruh variable X terhadap Y adalah Positif. Kesimpulan pada penelitian yang telah dilakukan yaitu dengan melakukan penelitian kualitatif ini peneliti mengetahui seberapa besar pengaruh motivasi belajar siswa kelas XI IPS SMA N 11 Muaro Jambi terhadap Hasil Belajar PPKN.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Informasi Tambahan: | Pembimbing: (I) Drs. M Salam, M.Si., (II) Heri Usmanto, S.Pd., M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Motivasi, Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan PPKn |
Depositing User: | MALAU |
Date Deposited: | 11 Jan 2022 06:41 |
Last Modified: | 11 Jan 2022 06:41 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/29943 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |