Kumalasari, Ariesti and Suhandi, Andi and Pamela, Issaura Sherly (2022) Pengembangan Bahan Ajar Cetak Leaflet Berbasis Keterampilan Abad-21 Pada Tema 1 Kelas V Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text (Pengembangan Bahan Ajar Cetak Leaflet Berbasis Keterampilan Abad 21 Pada Tema 1 Kelas V Sekolah Dasar)
Skripsi_Ariesti Kumalasari_A1D118167.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
![]() |
Text
cover.pdf Download (602kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (187kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (316kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (292kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (431kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
ABSTRAK Kumalasari, Ariesti. 2022. Pengembangan Bahan Ajar Cetak Leaflet Berbasis Keterampilan Abad 21 Pada Tema 1 Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini Dan Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Dosen Pembimbing (I) Drs. Andi Suhandi, S.Pd., M.Pd.I., (II) Issaura Sherly Pamela, S.Pd., M.Pd Kata Kunci: Bahan Ajar Cetak, Leaflet, Keterampilan Abad-21. Penelitian ini bertujuan (I) untuk mendeskripsikan prosedur pengembangan bahan ajar cetak leaflet berbasis keterampilan abad-21 pada tema 1 organ gerak hewan dan manusia subtema 2 manusia dan lingkungan pembelajaran 2 muatan IPA siswa kelas V Sekolah Dasar, (2) untuk mendeskripsikan tingkat validasi bahan ajar leaflet berbasis keterampilan abad-21 pada tema 1 organ gerak hewan dan manusia subtema 2 manusia dan lingkungan pembelajaran 2 muatan IPA siswa kelas V Sekolah Dasar, (3) untuk mendeskripsikan tingkat kepraktisan bahan ajar leaflet berbasis keterampilan abad-21 pada tema 1 organ gerak hewan dan manusia subtema 2 manusia dan lingkungan pembelajaran 2 muatan IPA terhadap guru dan siswa kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan. Penelitian pengembangan bahan ajar cetak leaflet berbasis keterampilan abad 21 pada tema 1 kelas V sekolah dasar. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model pengembangan ADDIE (ADDIE (Analyze, Desaign, Develop, Imploment, Evaluate). Penelitian ini dilakukan di SDN 153/IX Suka Makmur. Data penelitian ini diperoleh dari validasi materi dan validasi media. Selain itu, data juga diperoleh dari angket respon guru serta tanggapan siswa untuk melihat kepraktisan bahan ajar leaflet. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa uji coba validasi dari penilaian ahli media sebesar 100% yang berada dalam kategori Sangat Valid, penilaian ahli pembelajaran sebesar 100% yang berada dalam kategori Sangat Valid. Penilaian dari respon guru sebesar 96% yang berada dalam kategori Sangat Praktis dan penilaian kepraktisan produk oleh siswa sebesar 95,15% dengan kategori Sangat Praktis. Uji coba produk dalam kelompok kecil dan perorangan dilakukan untuk memperoleh data hasil kepraktisan bahan ajar cetak leaflet berbasis keterampilan abad-21. Untuk memperkuat ini semua agar produk yang dihasilkan bernar-benar teruji maka dilakukanlah tes essay. Hasil yang diperoleh dari dilaksanakannya tes baik secara perorangan maupun kelompok kecil adalah 84,6%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar cerak leaflet berbasis keterampilan abad-21 pada tema 1 kelas V sekolah dasar secara keseluruhan dapat digunakan dalam pembelajaran di sekolah.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahan Ajar Cetak, Leaflet, Keterampilan Abad-21 |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works Universitas Jambi (UNJA) > Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | KUMALASARI |
Date Deposited: | 11 Jan 2022 04:44 |
Last Modified: | 11 Jan 2022 04:44 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/29969 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |