Sari, Febiola and Sofwan, Muhammad and Noviyanti, Silvina (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA KURIKULUM 2013. S1 thesis, Universitas Jambi.
Text
SKRIPSI_FEBIOLA MAYANG SARI_A1D118026.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
|
Text
COVER.pdf Download (210kB) |
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN, HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (210kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (111kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (127kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (9kB) |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (402kB) |
Abstract
Sari, Febiola Mayang : “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Kurikulum 2013”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Dosen Pembimbing: (1) Dr. Muhammad Sofwan, S.Pd., M.Pd (2) Silvina Noviyanti, S.Pd,. M.Pd Kata kunci : Model Problem Based Learning (PBL), Kurikulum 2013 Tematik terpadu hendaknya diajarkan sesuai dengan berbagai cara berdasarkan pada karakteristik pembelajaran tersebut. Salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran. Model pembelajaran yang digunakan sebaiknya dapat merangsang minat siswa dalam belajar dan memberi kesempatan kepada siswa untuk mengkontruksi pengetahuan dan keterampilan barunya sendiri, serta menemukan sendiri masalah dan membuktikan benar atau tidak yang dikerjakan yang berhubungan dengan pembelajaran tematik terpadu. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif. Subyek penelitian ini adalah guru kelas IV dan siswa di SD Negeri 55/I Sridadi. Obyek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) pada kurikulum 2013. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Guru melakukan perencanaan pembelajaran tematik sudah sesuai dengan kriteria perangkat pembelajaran yaitu menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), silabus, metode, langkah mengajar, menentukan alokasi waktu, media dan sumber pengajaran, dan merencanakan penilaian berpedoman pada kurikulum. 2) Guru melaksanakan pembelajaran tematik dengan menyampaikan bahan pengait atau bahan apersepsi, memotivasi siswa, menyampaikan bahan, mengorganisasi siswa, memadukan mata pelajaran, menyimpulkan pelajaran dan memberi tindak lanjut. 3) Guru melaksanakan evaluasi atau refleksi hendaknya guru lebih pandai mengatur waktu serta guru lebih pandai dalam memilih atau menggunakan media pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu dalam melaksanakan pembelajaran guru sudah sesuai dengan sintaks model pembelajaran tematik, yaitu adanya perencanaan pembelajaran. Pelaksanaan yang meliputi kegiatan pendahuluan, inti dan penutup serta evaluasi pembelajaran yang memuat soal-soal latihan. Selain itu guru mampu dalam mengevaluasi pembelajaran dengan mengajukan pertanyaan atau tugas selama kegiatan berlangsung, pertanyaan atau tugas yang diberikan tepat untuk menguji penguasaan siswa terhadap topik yang sedang dibahas, jawaban atau tugas yang dikerjakan oleh siswa diberi balikan langsung, baik oleh guru maupun melalui tanggapan siswa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | SARI |
Date Deposited: | 11 Jan 2022 04:35 |
Last Modified: | 11 Jan 2022 04:35 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/29978 |
Actions (login required)
View Item |