Upaya Peningkatan Perilaku Prososial Siswa Melalui Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Di MTS Muhammadiyah Aisyiyah Kota Jambi.

Munthe, Sevtirini (2022) Upaya Peningkatan Perilaku Prososial Siswa Melalui Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Di MTS Muhammadiyah Aisyiyah Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI SEVTIRINI MUNTHE NIM.A1E117046 FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
COVER FIX.pdf

Download (9kB)
[img] Text
PENGESAHAN DAN PERNYATAAN FIX.pdf

Download (101kB)
[img] Text
ABSTRAK FIX.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (314kB)
[img] Text
BAB V FIX.pdf

Download (297kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA FIX.pdf

Download (185kB)

Abstract

Perilaku prososial adalah perilaku positif yang memberikan keuntungan baik bagi individu maupun orang lain dan ditunjukkan melalui berbagai bentuk perilaku seperti memiliki rasa empati, murah hati, kasih sayang, dan kerja sama. Berdasarkan pengamatan pada tanggal 15 Februari 2021 di MTS Muhammadiyah Kota Jambi di Kelas VII ditemukan 8 orang siswa yang tergolong ke perilaku prososial rendah seperti siswa kurang bisa bersahabat dengan baik, tidak mau menolong temannya yang kesulitan, sulit untuk diajak bekerjasama saat belajar kelompok, beberapa siswa tertangkap mencontek dari temannya pada saat mengerjakan tugas. Dengan penggunaan teknik sosiodrama di dalam bimbingan kelompok dapat meningkatkan perilaku prososial rendah siswa dengan melalui peniruan, belajar dengan berbuat, belajar melalui balikan, pengkajian, penilaian, dan pengulangan. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan perilaku prososial rendah siswa melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama di MTS Muhammadiyah Aisyiyah Kota Jambi. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan layanan (PTL). Kriteria pengambilan sampel (subjek penelitian) yaitu purposive sampling dengan jumlah 8 orang kelas VII. Penelitian ini dilakukan dengan 3 siklus dan setiap siklusnya terdiri dari 2 tindakan dan penelitian ini terdiri dari empat kompetensi setiap siklusnya yaitu perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan salah satu guru bimbingan dan konseling yang ada di MTS Muhammadiyah Aisyiyah Kota Jambi dengan tahapan teknik sosiodrama antara lain: 1) menjelaskan tentang pengertian, tujuan, serta teknik, 2) Konselor menyusun skenario, 3) menentukan pemain peran, 4) sosiodrama dapat dilaksanakan, 5) konselor dan siswa memberikan komentar dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku prososial rendah siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan teknik sosiodrama diperoleh peningkatan sebesar 79%. Perolehan hasil dari siklus pertama dengan presentase keseluruhan 47%. Perolehan hasil dari siklus kedua dengan persentase 64%. Perolehan hasil dari siklus ketiga dengan persentase 79%. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu guru BK dalam meningkatkan perilaku prososial rendah siswa dalam aspek berbagi, kerjasama, menolong, menyumbang dan kejujuran.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Prososial, Bimbingan Kelompok, Teknik Sosiodrama
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: MUNTHE
Date Deposited: 11 Jan 2022 06:32
Last Modified: 11 Jan 2022 06:32
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/29992

Actions (login required)

View Item View Item