Widiyanti, Lisa Ayu (2022) Identifikasi Kesulitan Siswa dalam Membaca dan Menulis Permulaan di Kelas I Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI Lisa Ayu Widiyanti (A1D118040).pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
COVER SKRIPSI Lisa.pdf Download (43kB) |
![]() |
Text
PERSETUJUAN PENGESAHAN1.pdf Download (863kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK SKRIPSI Lisa.pdf Download (8kB) |
![]() |
Text
BAB I Lisa.pdf Download (219kB) |
![]() |
Text
BAB V Lisa.pdf Download (12kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA Lisa.pdf Download (228kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan-kesulitan siswa dalam membaca dan menulis permulaan di kelas I sekolah dasar dan cara guru dalam mengatasi kesulitan-kesulitan yang dialami siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 55/I Sridari pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas yang digunakan yaitu validitas teknik. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini berupa kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam membaca dan menulis permulaan. Kesulitan dalam membaca permulaan sebagai berikut: siswa belum dapat mengidentifikasi huruf A-Z dengan sempurna, siswa membaca dengan mengeja, siswa mengeja per huruf atau per suku kata dan belum bisa menggabungkan menjadi satu kata, siswa belum mampu membaca kata sederhana, siswa tidak mampu mengenali huruf digraf (ng, ny, sy, kh), siswa menunjuk baris saat membaca buku, siswa mengabaikan tanda baca, jarak mata siswa terlalu dekat dengan buku saat membaca dan siswa tidak memahami isi dari bacaan yang dibacanya. Kesulitan siswa dalam menulis permulaan sebagai berikut: siswa tidak dapat mengidentifikasi huruf A-Z dengan sempurna, siswa menulis huruf secara terbalik, siswa sering mengulang huruf yang sudah ditulis, siswa sangat lambat saat menulis, tidak terdapat jarak atau spasi antar kata saat menulis, posisi duduk siswa kurang tepat, dan siswa yang tidak mau menulis. Cara guru untuk mengatasi kesulitan-kesulitan siswa yaitu dengan memberikan bimbingan membaca di kelas saat jam pelajaran, guru menggunakan media kartu bergambar untuk siswa yang masih sangat sulit dalam mengenali huruf, guru memberikan tugas tambahan untuk siswa membaca di rumah. Selanjutnya untuk cara guru yang dilakukan untuk mengatasi kesulitan siswa dalam menulis permulaan yaitu dengan membimbing siswa saat menulis, siswa diminta maju kedepan untuk menulis. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan disarankan agar guru mampu mengatasi kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam membaca dan menulis permulaan di kelas I sekolah dasar, sehingga siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik di dalam kelas.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | WIDIYANTI |
Date Deposited: | 10 Jan 2022 07:08 |
Last Modified: | 10 Jan 2022 07:08 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/30003 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |