Widayanti, Nani and Sofwan, Muhammad and Hayati, Suci (2022) IMPLEMENTASI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PADA MUATAN PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR NEGERI 55/I SRIDADI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text (IMPLEMENTASI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PADA MUATAN PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR NEGERI 55/I SRIDADI)
SKRIPSI NANI WIDAYANTI A1D118157.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN, HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (297kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (184kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (419kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (188kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (414kB) |
![]() |
Text
COVER 1.pdf Download (187kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Muatan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar Negeri 55/I Sridadi tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Studi Kasus yang mendeskripsikan mengenai Implementasi Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Pada Muatan Pembelajaran IPS. Data dari penelitian ini diperoleh melalui wawancara bersama Guru Kelas VI yang menjadi sumber utama, observasi serta dokumentasi sebagai data pendukung dari hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi penggunaan media pembelajaran berbasis TIK di SDN 55/I Sridadi memiliki tiga tahap dalam implementasi. (1) Persiapan, kegiatannya berupa guru mempersiapkan RPP , Mepersiapkan media pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran kemudian guru mengacu pada materi pembelajaran untuk membuat power point, kesesuaian media pebelajaran berbasis TIK dengan KI KD dan indikator pencapaian, kelengkapan sarana ketika implementasi media pembelajaran berbasis TIK pada pembelajaran. (2) Pelaksanaan, kegiatannya berupa proses pembelajaran yang mengacu pada RPP yaitu terdapat bagian pendahuluan, inti, dan penutup. (3) Tindak lanjut, kegiatannya memberikan tugas kepada siswa, memberikan pertanyaan umpan balik, dan mengajak siswa untuk memperkaya materi melalui sumber belajar lain yang relavan dengan materi yang dipelajari. Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan penulis, diharapkan proses pembelajaran perlu adanya implementasi penggunaan media pembelajaran sebagai penghubung dan mempermudah siswa memahami materi, serta adanya peningkatan dan perbaikan dalam implementasi penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi di sekolah dasar.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Implementasi, Media Pembelajaran, Berbasis TIK, IPS. |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works Universitas Jambi (UNJA) > Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | WIDAYANTI |
Date Deposited: | 11 Jan 2022 03:56 |
Last Modified: | 11 Jan 2022 03:56 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/30004 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |