Pengaruh Penerapan Modelling Mathematic dan Problem Based Learning (PBL) Berdasarkan Kemampuan Verbal Visual Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa Pada Materi Teorema Phytagoras

Syafitri, Aulia (2021) Pengaruh Penerapan Modelling Mathematic dan Problem Based Learning (PBL) Berdasarkan Kemampuan Verbal Visual Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa Pada Materi Teorema Phytagoras. S2 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (205kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (439kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (194kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (437kB)
[img] Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (184kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

Kenyataan yang ditemukan dilapangan kemampuan literasi siswa masih tergolong rendah, padahal kemampuan literasi merupakan kompetensi utama yang dibutuhkan siswa dalam memecahkan masalah matematika. Untuk mengatasi masalah tersebut guru harus menerapkan pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa yakni dengan pembelajaran Modelling Mathematics dan Problem Based Learning (PBL). Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan Modelling Mathematics dan Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan literasi matematika, serta melihat apakah terdapat perbedaan kemampuan literasi matematika siswa berdasarkan kemampuan verbal visual dan melihat interaksinya. Metode penelitian ini adalah Quasi Experimental Design, dengan rancangan nonequivalent pre-test dan post test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 9 Kota Jambi. Sampel ditentukan dengan teknik random sampling dan didapat 2 kelas eksperimen dan 1 kelas kontrol. Pengumpulan data kemampuan literasi matematika menggunakan insrumen tes esay, sedangkan untuk pengumpuan data kemampuan verbal visual menggunakan angket kemampuan verbal visual. Berdasarkan uji ANOVA dua jalur, terdapat pengaruh penerapan pembelajaran Modelling Mathematics dan Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan literasi matematika siswa, dan terdapat pengaruh kemampuan verbal visual terhadap kemampuan literasi, yakni siswa yang memiliki kemampuan verbal visual tinggi dan sedang memiliki kemampuan literasi yang baik dibandingkan siswa yang memiliki kemampuan verbal visual rendah.

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Modelling Mathematics, Problem Based Learning, Kemampuan Verbal visual, Kemampuan Literasi Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Syafitri
Date Deposited: 10 Jan 2022 03:39
Last Modified: 10 Jan 2022 03:39
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/30012

Actions (login required)

View Item View Item