Peran guru bimbingan konseling dalam meningkatkan kedisiplinan siswa KLS III di SMA N 05 Kota Jambi

Megawati, Nasren (2021) Peran guru bimbingan konseling dalam meningkatkan kedisiplinan siswa KLS III di SMA N 05 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas jambi.

[img] Text
SEKRIPSI NASREN MEGAWAI NIM A1D515034 (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
cover NASREN MEGAWATI Nim A1D515034(3).pdf

Download (24kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN (pdf.io).pdf

Download (387kB)
[img] Text
ABSTRAK NASREN MEGAWATI NIM A1D515034.pdf

Download (290kB)
[img] Text
BAB I SEKRIPSI NASREN MEGAWATI NIM A1D515034.pdf

Download (426kB)
[img] Text
BAB V SEKRIPSI NASREN MEGAWATI NIM A1D515034.pdf

Download (155kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI NASREN MEGAWATI NIM A1D515034.pdf

Download (163kB)

Abstract

ABSTRAK Nasren Megawati, (2021). Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Mingkatkan Kedisiplinan Siswa Kelas XII SMA Neregi 05 Kota Jambi: Skripsi, Program Studi Administrasi Pendidikan, FKIP, Universitas Jambi, Pembimbing..(I).Dr..Yantoro,.M.Pd,.Pembimbing..(II)..Dr..Drs.Yusdi..Anra, M.Pd Kata Kunci : Meningkatkan Kedisiplinan siswa Tujuan penelitia adalah agar dapat menggambarkan bentuk dari Peran konselor guru dalam meningkatkan kedisiplinan siswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif yang dilaksanakan di SMA Negeri 05 Kota Jambi. Subjek penelitian ini guru bimbingan konseling SMA Negeri 05 Kota Jambi itu sendiri. Data diperoleh dengan menggunakan metode wawancara. Dari data yang diterima oleh penulis, Kemudian penulis menerima hasilnya katagori yang sudah cukup bagus. Oleh karena itu, penulis mengatakan bahwa peran guru BK terhadap meningkatkan kedisiplinan siswa Kelas XII SMA Negeri 05 Kota Jambi. Guru bimbingan konseling sudah mampu menjadi konselor bagi siswa-siswi yang bermasalah atau yang membutuhkan seorang konselor. Dimana guru bimbingan konseling senangtiasa mengawasi siswa-siswi saat jam Pembelajaran yang sedang berlangsung agar tidak terjadi lagi anak murid-murid bolos atau tidak mengikuti jam belaja dan melanggar kedisiplinan sekolah. Kendala-kendala ditemui dan dihadapi guru Bimbingan Konseling tidak begitu sulit sebab guru bimbingan konseling akan bekerja sama dengan guru lain untuk menangani tindakan disipliner yang disepakati bersama di SMA Negeri 05 Kota Jambi, sarana prasarana Bk pun sudah cukup memadai untuk membantu siswa-siswi yang bermasalah dalam masalah kedisiplinan atau pun masalah yang lain. Solusi dalam mengatasi kendala-kendala yang ditemui guru bimbingan konseling adalah dengan mengikutsertakan partisipasi kepala sekolah. Dalam penanganan tingkahlaku disiplin sudah diterapakan sesuai prosedur dengan bener oleh kepala sekolah SMA 05 Kota Jambi, setiap kegiatan yang dilakukan guru bimbingan konseling dalam meninggkatkan perilaku kedisiplinan siswa di SMA 05 Kota Jambi selalu di dampingi Oleh kepala sekolah. guru BK sudah menerapkan kewajibab dan peranya sebagaimana mestinya dalam membentuk perilaku disiplin siswa. Guru bimbingan konseling menerapkan metode tatap muka dalam mengatasi siswa yang bermasalah dengan panggil siswa tersebut masuk ruang konselor, bagi siswa yang bermasalah sering ribut di kelas dan datang terlambat kesekolah. Kepala sekolah beserta guru BK mencoba memantau semuanya siswa/siswi SMA 05 Kota Jambi dan Bekerjasama dalam melaksanakan program yang ada ditetapkan di SMA 05 Kota Jambi terutama dalam penanganan perilaku disiplin yang telah dibuat bersama.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: MEGAWATI
Date Deposited: 10 Jan 2022 02:56
Last Modified: 10 Jan 2022 02:56
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/30024

Actions (login required)

View Item View Item